MENU
icon label
image label
blacklogo

Hasil Pembongkaran AirPods Max Membuat Produk Sony dan Bose ‘Seperti Mainan’

JAN 25, 2021@12:00 WIB | 287 Views

Baru-baru ini, iFixit dikabarkan telah menyelesaikan pembongkaran ekstensif headphone nirkabel Apple, AirPods Max. Pembongkaran ini telah berlangsung sejak headphone mulai dijual dan sekarang datang dengan daftar lengkap semua chip onboard. Perusahaan teknologi iFixit memberi tampilan menyeluruh pada internal headphone over-ear debut Apple dan gambaran tentang betapa mudah untuk memperbaikinya.

Selain itu, iFixit bahkan melangkah lebih jauh dengan merobohkan headphone Sony WH-1000XM4 dan Bose NC 700 untuk perbandingan. Hingga saat ini, iFixit telah menolak untuk memberi Apple satu titik perbaikan untuk salah satu AirPods-nya.

Hasil ini seketika mencuri perhatian karena iFixit memberikan nilai sangat tinggi untuk AirPods Max, dengan nilai enam dari skala sepuluh. Ini adalah ‘skor bukan nol’ pertama yang diberikan perusahaan tukang oprek tersebut untuk produk AirPods.

Lantas, apakah yang membuatnya nilai AirPods Max sangat tinggi? Sebagai permulaan, bantalan telinganya dipasang melalui magnet sehingga membuatnya mudah ditukar ketika sudah aus. Juga ada banyak komponen internal yang disatukan dengan sekrup dan bukan lem berantakan. Ini memudahkan calon reparator alias pengguna, untuk menukar jika rusak.

iFixit sangat menyukai mekanisme engsel ikat kepala yang terdapat di antara tali dan penutup telinga. Ini dapat dilepas hanya dengan alat pelepas kartu sim atau penjepit kertas, bahkan tanpa membuka penutup telinga. Di sini, iFixit menunjukkan bahwa Apple menggunakan susunan yang berbeda dengan headphone lainnya.

Paket baterai sel ganda hanya terletak di satu sisi, tepatnya di sisi kanan. Ini mengakibatkan proporsi tidak seimbang dengan sisi kiri. Meski demikian, kelemahan ini termaafkan berkat rekayasa AirPods Max.

Kedua sel baterai berada di penutup telinga kanan dan diikat dengan sekrup, bukan dengan perekat. Ini memberikan daya melalui satu konektor pop bergaya iPhone tanpa penyolderan, yang membuat baterai mudah diganti. Kedua sel baterai menawarkan total kapasitas 664 mAh dan 2,53 Whr total energi pada 4,35V.

Jika dibandingkan dengan headphone over-ear populer lainnya, AirPods Max cukup baik. Mereka mengatakan, “setelah menghancurkan beberapa kompetisi, kami lebih memahami label harga $550 dolar AS (Rp7,7 juta rupiah) itu. Sony dan Bose sama-sama mengisi daya elbih sedikit, tetapi secara internal, keahlian obsesif AirPods Max membuat perangkat lain itu terlihat seperti mainan jika dibandingkan.” [yub/asl/timBX]

Tags :

#
airpods max,
#
ifixit,
#
headphone nirkabel apple,
#
apple