MENU
icon label
image label
blacklogo

Hapus 36 Aplikasi Ini Segera! Bahaya untuk Smartphone

JUN 17, 2020@16:00 WIB | 443 Views

Eksis di media sosial seperti instagram dengan foto-foto keren menjadi gaya hidup tersendiri. Camera smartphone yang kian canggih dan banyaknya aplikasi edit foto sangat mendukung aktifitas ini. Rasa percaya diri tinggi dan kamera beresolusi tinggi di smartphone menunjang eksistensi di media sosial. Tapi, bagi yang kurang percara diri, aplikasi edit foto menjadi solusinya. Nah, jika Anda adalah salah satu pengguna aplikasi edit foto berarti Anda harus cermat dalam memilih aplikasi sebelum meng-install-nya.

Baru-baru ini dilaporkan ada 36 aplikasi di smartphone yang berbahaya. Aplikasi berbahaya ini menyerbu penggunanya dengan iklan. Tak hanya iklan, saat aplikasi berjalan akan mengalihkan ke browser tak penting yang justru mengganggu. Manariknya, aplikasi-aplikasi ini sudah diunduh hingga 1 juta unduhan sehingga menjadi aplikasi yang cukup populer di PlayStore.

Dilansir dari TheSun, ke-36 aplikasi berbahaya ini diungkap pertama kali oleh WhiteOps. Dalam temuannya, WhiteOps menyebut puluhan aplikasi yang memiliki kode penipuan, selain tidak aman untuk smartphone juga penuh adware.

Pihak WhiteOps menyatakan, “Ke-36 aplikasi ini kami kaitkan dengan sebuah ancaman, di mana semua aplikasi tersebut sudah dihapus oleh pihak PlayStore.”

Bahkan, kata WhiteOps, terdapa aplikasi yang hanya 17 hari tersedia di Google Play Store, sebelum akhirnya dihapus oleh Google. Bahayanya adalah, aplikasi tersebut telah diunduh oleh banyak pengguna smartphone. "Jik dikumpulkan Aplikasi ini lebih dari 20 juta download," kata WhiteOps.

Ke-36 aplikasi yang harus segera Anda hapus jika sudah meng-install-nya di smartphone karena itu berbahaya, sebagai berikut:

1. Yoroko Camera
2. Solu Camera
3. Lite Beauty Camera
4. Beauty Collage Lite
5. Beauty & Filters Camera
6. Photo Collage & Beauty Camera
7. Beauty Camera Selfie Filter
8. Gaty Beauty Camera
9. Pand Selife Beauty Camera
10. Catoon Photo Editor & Selfie Beauty Camera
11. Benbu Selife Beauty Camera
12. Pinut Selife Beauty Camera & Photo Editor
13. Mood Photo Editor & Selife Beauty Camera
14. Rose Photo Editor & Selfie Beauty Camera
15. Selife Beauty Camera & Photo Editor
16. Fog Selife Beauty Camera
17. First Selife Beauty Camera & Photo Editor
18. Vanu Selife Beauty Camera
19. Sun Pro Beauty Camera
20. Funny Sweet Beauty Camera
21. Little Bee Beauty Camera
22. Beauty Camera & Photo Editor Pro
23. Grass Beauty Camera
24. Ele Beauty Camera
25. Flower Beauty Camera
26. Best Selfie Beauty Camera
27. Orange Camera
28. Sunny Beauty Camera
29. Landy Selfie Beauty Camera
30. Nut Selfie Camera
31. Rose Photo Editor & Selfie Beauty Camera
32. Art Beauty Camera-2019
33. Elegant Beauty Cam-2019
34. Selfie Beauty Camera & Funny Filters
35. Selfie Beauty Camera Pro
36. Pro Selfie Beauty Camera

Dari ke-36 aplikasi tersebut ternyata memiliki satu kesamaan yakni sama-sama aplikasi pemercantik wajah, di mana aplikasi ini juga digunakan oleh kaum laki-laki.

Menurut WhiteOps cara kerja adware dan kode penipuan yang ditanam ke dalam aplikasi, setidaknya dengan tiga jenis ini:  pertama, iklan tayang di luar konteks, bahkan saat aplikasi ditutup. Kedua, navigasi di luar konteks ke sebuah situs dari server command and control. Dan ketiga, ikon aplikasi dihapus dari halaman smartphone bahkan di folder aplikasi supaya pengguna sulit untuk meng-uninstall. [asl/timBX]

Tags :

#
adware,
#
aplikasi berbahaya,
#
aplikasi selfie