MENU
icon label
image label
blacklogo

Google Foto Kini Punya Fitur OCR

AUG 23, 2019@18:00 WIB | 137 Views

Google membuat sebuah pengumuman di akun Twitternya tentang fitur baru untuk apikasinya, Google foto. Dalam pengumuman tersebut mengatakan bahwa Google sedang dalam proses meluncurkan fitur AI baru untuk platform Lens-nya yang akan memungkinkan Anda mencari di perpustakaan Foto Google Anda untuk teks yang muncul dalam foto dan tangkapan layar. Kemudian, Anda kemudian dapat dengan mudah menyalin dan menempelkan teks itu ke dalam catatan, dokumen, atau formulir.

Kedua fitur baru ini menggunakan teknik yang dikenal sebagai optical character recognition (OCR), dengan opsi salin/tempel yang dibangun di atas kemampuan fitur Lens untuk memahami dan mengeluarkan teks yang ditemukan dalam foto, baik itu tangkapan layar atau foto tanda fisik atau dokumen. Menurut 9to5Google, fitur itu sekarang tersedia di beberapa perangkat Android, meskipun tampaknya belum aktif di iOS. Anda mungkin sudah dapat mencari teks di foto/gambar menggunakan Google Foto di web.

Google memposisikan fitur Lens sebagai cara untuk dengan mudah mengambil kata sandi Wi-Fi yang membingungkan, tetapi juga dapat digunakan untuk mengambil bagian teks apa pun dari foto/gambar atau tangkapan layar di perpustakaan Foto Google Anda berdasarkan kasus per kasus. Namun, fitur yang lebih mengesankan adalah kemampuan untuk mencari potongan teks tanpa harus memilih foto/gambar terlebih dahulu. Itu menunjukkan Google melakukan OCR pada seluruh koleksi foto Anda secara otomatis.

"Mulai bulan ini, kami meluncurkan kemampuan untuk mencari foto-foto Anda dengan teks di dalamnya," tulis Google dalam menanggapi kapitalis ventura terkemuka Walk Hunter, yang memperhatikan pada awal minggu ini bahwa fitur Lens telah diaktifkan untuk akunnya. “Setelah Anda menemukan foto yang Anda cari, klik tombol Lens untuk dengan mudah menyalin dan menempelkan teks. Ambillah, kata sandi wifi yang tidak mungkin”. Demikian konfirmasi @googlephotos.

Fitur yang tampaknya terkait dengan yang diumumkan kembali selama konferensi pengembang I / O Google 2017. Pada saat itu, CEO Sundar Pichai merayakan fitur baru yang sedang dikerjakan yang memungkinkan kamera Lens bertenaga AI memahami konteks foto. Dengan begitu, Anda dapat mengarahkan kamera ponsel cerdas Anda ke stiker kata sandi router dan terhubung secara otomatis ke Wi-Fi melalui perangkat lunak yang membaca kata sandi dan memahami bahwa Anda ingin terhubung ke jaringan yang menggunakannya.

Sejak itu, Google Lens telah menambahkan kemampuan untuk mencari foto item menu di web, menambahkan informasi kontak dari kartu bisnis ke buku alamat Anda, dan segala macam trik terkait OCR lainnya. Tetapi fitur-fitur Foto baru ini tampak seperti penyebaran teknik AI dalam skala lebih besar, yang bisa melakukannya pada seluruh perpustakaan pengguna untuk membuatnya dapat dicari dan memberi Anda kemampuan untuk menarik teks itu dari foto atau gambar.[inn/hsn/timBX]

Tags :

#
google foto,
#
fitur ocr,
#
lens