MENU
icon label
image label
blacklogo

Fitur Baru yang Akan Ada di iOS13

APR 17, 2019@11:35 WIB | 219 Views

Apple rencananya akan mengungkap pembaruan Os mereka, iOS 13, pada konferensi pengembang tahunannya Juni ini. Namun beberapa kemungkinan fitur terbaru yang akan ada telah bocor ke publik.

Pertama, iPhone dan iPad akan mendapatkan mode gelap (Dark Mode), yang dapat diaktifkan melalui Setting, termasuk versi kontras tinggi, mirip dengan apa yang tersedia di macOS. Terlebih aplikasi iPad yang berjalan di Mac melalui Marzipan akan dapat memanfaatkan Dark Mode di kedua sistem.

Akan ada banyak perubahan khusus iPad di iOS 13, termasuk kemampuan aplikasi untuk memiliki banyak windows. Masing-masing akan berisi lembaran yang pada awalnya melekat pada satu bagian layar, tetapi dapat dilepaskan dengan gerakan seret, kemudian menjadi kartu yang dapat dipindahkan sesuka hati. Fitur penampakan seperti kartu ini akan mendukung penumpukan dan menggunakan efek kedalaman untuk menunjukkan yang ada di atas. Anda dapat membuang mereka untuk menghentikan aplikasi berjalan.

Safari di iPad akan secara otomatis meminta versi desktop situs web bila perlu, mencegah skenario umum yang melihat tampilan situs versi iPhone bermunculan di tablet.

Gerakan undo standar akan masuk ke iOS 13 juga. Anda akan menggesek dengan tiga jari di area keyboard - kiri untuk undo, kanan untuk redo. Untuk memastikan orang mengetahui hal ini, tutorial akan muncul pertama kali Anda menggunakan keyboard setelah Anda mendapatkan pembaruan.

Manajemen font juga akan ditingkatkan, dengan panel khusus di Setting. Itu berarti Anda tidak perlu menginstal profil untuk mendapatkan font baru lagi. Sistem baru akan memberitahu ketika Anda membuka dokumen yang font-nya tidak dimiliki.

Aplikasi Mail akan mengatur pesan ke dalam kategori seperti pemasaran, pembelian, perjalanan, dan ‘tidak penting’, dengan semua ini dapat dicari. Anda juga akan mendapatkan antrian ‘baca nanti’. Aplikasi berbasis dokumen pihak ketiga akan mendapatkan alat kolaborasi yang lebih mudah, mirip dengan apa yang tersedia di aplikasi Pages, Numbers, dan Keynote Apple sendiri.

Hei Siri akan diperbarui untuk menyaring suara-suara yang biasa salah tangkap. OS baru ini juga akan mencakup dukungan multibahasa yang lebih baik untuk keyboard dan dikte.

Tidak diragukan lagi bahwa ada lebih banyak fitur baru di iOS 13. Jika tidak ada lagi bocoran setelah ini, maka kita harus menuggu hingga 3 Juni untuk mengetahui lebih lanjut secara resmi dari Apple.

[Ard/tim BX]

Tags :

#
apple,
#
ios13,
#
iphone,
#
ipad