MENU
icon label
image label
blacklogo

Facebook Luncurkan Buletin, Platform Untuk Penulis dan Jurnalis

JUN 30, 2021@15:00 WIB | 228 Views

Pandemi global membuat sebagian orang di seluruh dunia yang terdampak secara pekerjaan dan ekonomi mencari penghasilan melalui internet. Sebagian yang memiliki kemampuan desain grafis, content writer, copy writer, dan lain sebagainya membuka jasa di internet dengan klien tanpa batas negara. Terbukti hal tersebut membantu keluar dari situasi yang kurang menguntungkan akibat pandemi.

Di lain sisi, sebagaimana halnya kehadiran podcast untuk mewadahi kreatifitas penyiar atau masyarakat umum yang memiliki ide dan gagasan untuk disampaikan tanpa terbentur SOP perusahaan, kini Facebook menghadirkan Buletin yang ditujukan kepada para penulis dan jurnalis. 

Kabar yang berkembang, sejak awal tahun 2021, Facebook sedang mencari cara untuk mengembangkan platform buletin yang ditujukan untuk penulis dan jurnalis yang membutuhkan cara untuk mendistribusikan karya mereka. Jika itu adalah sesuatu yang mungkin BlackPals minati, BalackPals tentu akan senang mengetahui bahwa Facebook telah meluncurkan Buletin.

“Kemampuan unik kami untuk membantu orang-orang berbakat menemukan dan terhubung dengan audiens dan pasar yang mereka butuhkan untuk berkembang memberikan jurnalisme independen peluang yang lebih besar untuk berkembang. Popularitas Grup dan Halaman lokal kami telah menunjukkan kepada kami bahwa orang-orang haus akan konten lokal yang relevan dan lebih panjang yang diproduksi oleh suara-suara ahli dan berwibawa.” jelas Facebook.

Jadi apa yang membuat Buletin berbeda dari membuat Halaman atau Grup Facebook Anda sendiri? Facebook menjelaskan bahwa, pembuat konten akan memiliki situs web mandiri mereka sendiri yang dapat mereka sesuaikan dengan keinginan mereka. Artikel yang mereka tulis juga dapat berisi penyematan multi-media. Ini juga akan menjadi produk mandiri yang berarti bahwa sementara itu akan memanfaatkan beberapa alat dan fitur Facebook, itu tidak akan ada di dalam Facebook itu sendiri dan akan hidup di luar aplikasi Facebook.

Saat ini, Buletin belum terbuka untuk semua orang dan Facebook akan mengujinya dengan beberapa penulis dan jurnalis terpilih. Namun, dipastikan meski perlahan, pada akhirnya setiap penulis dan jurnalis akan dapat memanfaatkan platform yang baru Facebook luncurkan ini.[asl/timBX]

Tags :

#
facebook,
#
buletin facebook,
#
platform buetin jurnalis,
#
teknologi inovatif