MENU
icon label
image label
blacklogo

Edukasi Terus-Menerus Mengenai Keunggulan Jaringan 5G

FEB 03, 2021@13:00 WIB | 325 Views

5G kini sedang diperkenalkan kepada masyarakat, mengenai keunggulan jaringan tersebut. Ponsel cerdas atau biasa dikatakan smartphone terus mengalami perkembangan, baik dari sisi fungsi seperti kamera, hingga pada teknologi seperti 5G yang terus diperkenalkan saat ini. 5G memberi kecepatan data 10 sampai 100 kali lebih cepat dari teknologi 4G. artinya, dengan teknologi ini, kita bisa mengunduh data lebih cepat. Teknologi ini juga akan digunakan untuk kendaraan masa depan otonom hingga ke Augmented reality. Hal ini juga yang membuat pabrikan ponsel pintar Oppo mengadakan 5G Academy bersama Qualcomm dan Smartfren Telecom, yang sama-sama sedang menguji coba jaringan tersebut.

“OPPO 5G Academy menjadi sebuah platfrom OPPO Indonesia untuk melakukan edukasi mengenai jaringan 5G kepada masyarakat. Pada acara ini, masyarakat akan mendapatkan gambaran mengenai teknologi dan manfaat 5G. OPPO juga mengundang stakeholder jaringan 5G, pada acara perdana ini dihadiri oleh Qualcomm dan Smartfren Telecom,” tutur Aryo Meidianto A, PRManager OPPO Indonesia.

Kegiatan perdana OPPO 5G Academy dilaksanakan secara daring dengan mengundang masyarakat umum yang tertarik dengan teknologi jaringan generasi kelima ini mulai dari mahasiswa, komunitas, dan pemilik ponsel dengan jaringan 5G. OPPO 5G Academy bertujuan untuk memberikan gambaran umum tentang teknologi 5G baik dari sisi perkembangan teknologi, implementasi, kegunaan dan pemanfaatan jaringan ini di masa depan. OPPO juga memberikan gambaran mengenai pengembangan perangkat-perangkat 5G termasuk beberapa peranti yang mulai diluncurkan pada tahun ini. Acara ini juga dihadiri para pemangku kepentingan jaringan 5G di antaranya Qualcomm dan Smartfren Telecom.

Sebagai pembuat chipset prosesor 5G, Qualcom menerangkan manfaat 5G yang akan didapat masyarakat ketika jaringan ini digelar nantinya.

“Qualcomm siap bekerja sama dengan mitra OEM dan ODM untuk meluncurkan perangkat 5G di Indonesia dengan Snapdragon 765G. Jaringan 5G akan memberikan banyak keuntungan bagi konsumen, terutama untuk kecepatan, latensi yang lebih rendah, dan biaya per bit yang lebih rendah,” papar Shannedy Ong, Country Director Qualcomm Indonesia.

Selain chipset, operator menjadi bagian penting dalam struktur pengembangan jaringan 5G sebagai penyedia layanan. Smartfren Telecom sebagai salah satu operator yang sangat siap untuk mengelar jaringan ini berpendapat mengenai kesiapan dan perkembangan jaringan 5G,

“Smartfren berkomitmen untuk terus mewujudkan inovasi-inovasi teknologi sehingga bermanfaat membuka peluang baru bagi masyarakat. Kami yakin implementasi 5G di Indonesia akan menjadi game changer bagi industri sekaligus memberikan manfaat besar pada konsumen. Agar manfaat tersebut dapat terwujud, diperlukan sinergi dari seluruh stakeholder dalam ekosistem telekomunikasi,” ujar Sukaca Purwokardjono, Deputy CEO Mobility Smartfren Telecom.[prm/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
blacktech,
#
5g,
#
qualcomm,
#
smartfren telecom