MENU
icon label
image label
blacklogo

Dapatkan Kecepatan Maksimal Mac dengan Chip M1 dari Apple

NOV 14, 2020@14:00 WIB | 142 Views

Belum lama ini, Apple mengadakan acara “One More Thing”, yang menjadi wadah perusahaan untuk meluncurkan desktop Mac dan komputer laptop baru di acara tersebut. Perusahaan juga mengungkapkan chip M1 yang sangat kuat.

One More Thing sendiri merupakan pengumuman produk besar ketiga Apple dalam kurun waktu 2 bulan terakhir. Kembali pada bulan September, raksasa teknologi ini meluncurkan iPad yang diperbarui, iPad Air, duo model Apple Watch baru dan layanan berlangganan Fitness+ selama keynote “Time Flies”. Bulan lalu, acara “Hi, Speed” menghadirkan jajaran iPhone 12 dan iPhone 12 Pro serta HomePod mini yang terjangkau.

Acara yang diadakan pada 10 November lalu tersebut, dinamai berdasarkan ekspresi Steve Jobs yang ikonik. Ini berfokus pada komputer desktop dan laptop Mac baru, yang diberdayakan oleh chip M1 inovatif milik perusahaan. Apple mengumumkan perubahan perangkat keras utama selama keynote WWDC tahun ini pada akhir Juni.

Chip M1 Apple yang serba baru memiliki arsitektur terpadu yang hemat ruang, yang menyatukan sejumlah komponen penting. Dibangun menggunakan proses 5 nanometer, chip M1 juga memiliki transistor dalam jumlah besar, yakni 16 milyar, yang dikemas ke dalam ruang yang kecil. Arsitektur mutakhir membuat chip lebih bertenaga dan hemat energi dibandingkan pesaingnya.

Chip M1 memiliki CPU 8-inti yang kuat, dirancang untuk menawarkan kinerja dan efisiensi daya yang terdepan di industri. Setengah dari inti dibuat untuk tugas-tugas yang berat, sementara setengah lainnya memiliki efisiensi daya yang lebih tinggi yang ideal untuk penggunaan yang lebih ringan.

GPU chip sama mengesankannya. Apple mengatakan bahwa itu adalah chip grafis terintegrasi paling kuat yang telah dibuatnya hingga saat ini, dengan kekuatan hingga dua kali lipat dari pesaing utamanya.

Dikombinasikan dengan MacOS Big Sur, chip M1 akan memberikan peningkatan kecepatan yang besar di sejumlah aplikasi asli dan pihak ketiga, serta pengalaman OS. Keuntungan privasi dan keamanan juga akan signifikan.

Chip M1 juga memungkinkan pengguna menjalankan aplikasi iOS dan iPadOS di Mac mereka. Terobosan ini akan membuat Mac lebih serbaguna dengan memungkinkan pengguna untuk beralih antar perangkat Apple mereka dengan lebih mulus.

Macbook Air yang ditingkatkan dengan chip M1 datang dengan tampilan yang lebih menarik dari notebook paling populer di dunia menurut Apple. Bila Anda melengkapi perangkat dengan chip baru, siap-siap terpana karena notebook akan menjadi tiga kali lebih cepat dari pendahulunya.

Macbook Air ini dipasarkan dengan harga sama seperti generasi sebelumnya, yakni $999 dolar AS atau sekitar Rp14,1 juta. Pilihan perangkat lain yang juga dibenamkan chip M1 diantaranya Apple Macbook Pro dengan $1.299 dolar AS atau Rp18,3 juta dan Mac Mini dengan $699 dolar AS atau hampir Rp10 juta. [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
kecepatan maksimal mac,
#
chip m1,
#
fungsi chip m1 apple,
#
apple