MENU
icon label
image label
blacklogo

Cyberpunk 2077 Dihapus dari Playstore? Ada Apakah?

DEC 23, 2020@16:30 WIB | 343 Views

Inilah yang diperlukan untuk membuat Sony menghapus peluncuran terbesar dekade ini - Cyberpunk 2077 berantakan.

Jika berhasil, itu adalah permainan peran yang solid dengan latar klasik, dunia sci-fi yang kotor - tetapi masalahnya, sering kali tidak berhasil. Sejak diluncurkan, para pemain di setiap platform telah berbagi video dan gambar dari gangguan yang menggelikan, membuat frustrasi, dan merusak game. Puncaknya, Sony Interactive Entertainment menarik Cyberpunk 2077 dari PlayStation Store dan menawarkan pengembalian uang kepada siapa pun yang menginginkannya.

CD Projek RED, studio di balik Cyberpunk 2077, tidak merilis pernyataan tentang penghapusan tersebut hingga beberapa jam kemudian, dan bahkan butuh waktu lebih lama bagi mereka untuk men-tweet sesuatu kepada pemain.

Bahkan dari peristiwa itu, saham CD Projekt RED turun lebih dari 20 persen, dan menanggung kerugian $ 1,8 miliar (25,3 Trilyun Rupiah).

Sebagai informasi Cyberpunk 2077 bisa dibilang merupakan peluncuran video game terbesar dekade ini, dengan biaya iklan dan pengembangan ratusan juta dolar di belakangnya. Sementara itu, Sony baru saja meluncurkan PS5 dan para eksekutif menginginkan game di platform ini. Cyberpunk 2077 memecahkan rekor pemain di Steam dan di tempat lain, dan ini merupakan hasil imbang yang sangat besar bagi pemain baru dan veteran. Menghapusnya dari PlayStation Store adalah opsi nuklir, dan fakta bahwa CD Projekt RED tampak terkejut dengan langkah ini menunjukkan gangguan serius dalam komunikasi diantara perusahaan.

Hanya dua minggu sebelum peluncuran game, CEO bersama CD Projekt Adam Kaciński memberi tahu investor bahwa Cyberpunk 2077 berjalan "sangat bagus" di PS4 dan Xbox One.

Secara internal, terlihat jelas bahwa CD Projekt RED tidak yakin dengan versi konsol dari game tersebut. Studio tersebut tidak memberikan salinan konsol game tersebut kepada pengulas, melainkan mengirimkan versi PC, dan hanya ke beberapa outlet kecil.

Bahkan di PC, Cyberpunk 2077 adalah hit-or-miss. Peninjau dan pemain telah melaporkan bug yang serius dan merusak permainan di setiap platform, meskipun masalahnya paling luas di PS4 dan Xbox One.

Empat hari setelah peluncuran, CD Projekt RED menerbitkan permintaan maaf kepada para pemain PS4 dan Xbox One, dengan mengatakan, “Kami seharusnya lebih memperhatikan untuk membuatnya bermain lebih baik di PS4 dan Xbox One.” Para eksekutif menguraikan rencana pembaruan dan meminta kesabaran dari penggemar, sekaligus mengatakan para pemain dapat memilih untuk mengembalikan salinan mereka melalui Sony atau Xbox secara langsung.

Merilis Business Insider, dua hari sebelum Sony menghapus Cyberpunk 2077, Kaciński memberi analisis, “Setelah tiga penundaan, kami terlalu fokus untuk merilis game. Kami meremehkan skala dan kompleksitas masalah. Kami mengabaikan sinyal tentang perlunya waktu tambahan untuk menyempurnakan game di dasar konsol generasi terakhir. Itu adalah pendekatan yang salah dan bertentangan dengan filosofi bisnis kami. "

CD Projekt RED melihat masalah dengan Cyberpunk 2077 di setiap platform. Untuk mengatasi masalah ini, mengharuskan pengembang untuk bekerja lebih lama setidaknya selama beberapa bulan, meskipun telah berjanji untuk menghindari praktik tersebut.

Kalau dipikir-pikir, studio punya pilihan lain yang lebih baik. CD Projekt RED mungkin sudah lama membatalkan versi PS4 dan Xbox One dari game tersebut dan menyesuaikan rencana pemasarannya untuk fokus pada kekuatan yang diperlukan dari generasi konsol berikutnya. Itu bisa saja merilis Cyberpunk 2077 dalam akses awal dan meminta umpan balik penggemar dengan cara yang ramah dan transparan. Sebaliknya, para eksekutif memutuskan untuk mempublikasikan game yang tidak berfungsi di konsol tertentu, dan berbohong tentang performanya kepada pemain dan investor.

Sebagai tanggapan, Sony mengambil langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya dengan menghapus Cyberpunk 2077 dari PlayStation Store. Gim ini masih tersedia di Xbox One, Xbox Series X, dan Xbox Series S.

Meskipun demikian saat ini Microsoft memperluas kebijakan menawarkan pengembalian dana penuh kepada pemain Cyberpunk 2077. Ini adalah pukulan besar lainnya bagi laba CD Projekt RED.

Cyberpunk 2077 seharusnya menjadi awal dari seri baru dari sebuah studio dengan pengalaman bertahun-tahun dalam membangun dunia imajiner yang indah, tetapi malah menjadi meme. Meski demikian, setidaknya satu dari janji CD Projekt RED menjadi kenyataan. [eli/asl/timBX]

Tags :

#
cyberpunk 2077,
#
cyberpunk 2077 dihapus,
#
sony