MENU
icon label
image label
blacklogo

Cintiq 22 Wacom, Tablet Entry-Level Untuk Seniman Pemula

JUL 18, 2019@16:26 WIB | 880 Views

Setelah meluncurkan Cintiq 16 awal tahun ini, Wacom merilis versi yang lebih besar dari tablet entry-level dengan Cintiq 22. Tablet ini memiliki layar 21,5 inci dengan resolusi 1920x1080, warna NTSC 72 persen, dan permukaan kaca yang memiliki nuansa seperti kertas untuk menggambar. Pengguna (Anda) dapat menghubungkannya ke komputer Mac atau Windows Anda melalui kabel HDMI dan USB versi 2.0. Tablet ini sangat cocok bagi para siswa yang tengah belajar menjadi seniman gambar dan juga cocok untuk para profesional pemula dalam bidang seni gambar, seperti penulis webtoon dan lainnya.

Meskipun Cintiq 22 Wacom ini hanyalah versi yang lebih besar dari Cintiq 16 dengan spesifikasi yang sama, harganya hampir dua kali lipat. Dibandingkan dengan display pena Wacom sebelumnya, Cintiq 16 adalah perangkat yang paling terjangkau dan dapat didekati perusahaan hingga saat ini, tetapi pengguna harus membayar lebih untuk ruang layar yang berfungsi untuk menggambar "sapuan panjang dan gaya sapuan" yang mudah disesuaikan penggunanya.

Berbeda dengan seri 16, yang hanya memiliki lipat kaki saja, Cintiq 22 memang dihadirkan dengan dudukan yang bisa disesuaikan. Ini juga dilengkapi dengan stylus terbaru Wacom, Pro Pen 2, yang memiliki 8.192 tingkat sensitivitas tekanan dan dukungan kemiringan, dan tidak pernah membutuhkan pengisian daya. Namun, itu tidak dilengkapi dengan aksesoris lain seperti remote ExpressKey atau keyboard Bluetooth.

Sangat mudah untuk memilih diantara jalur Cintiq dan Cintiq Pro, tetapi jalur Cintiq khusus untuk siswa dan "profesional pemula" untuk digunakan sebelum lulus ke tahap Pro. Garis Cintiq Pro menawarkan beberapa fitur canggih yang tidak dimiliki garis Cintiq biasa, seperti resolusi 4K, warna yang lebih akurat, dan ikatan optik yang lebih baik, yang mengurangi paralaks, atau jarak antara pena dan layar. Garis Cintiq Pro dimaksudkan untuk studio animasi dan penggunaan perusahaan, sehingga Cintiq 22 masih merupakan pilihan yang solid untuk seniman muda dan profesional kreatif. Cintiq 22 Wacom ini tersedia di Amazon, B&H, CDW, dan situs Wacom seharga 1.199 dollar AS atau setara dengan 16,7 juta rupiah.

Tags :

#
cintiq 22,
#
wacom tablet,
#
gadget