MENU
icon label
image label
blacklogo

Chipset Apple A16 akan Dibuat dengan Prosesor 4nm

NOV 04, 2021@17:30 WIB | 164 Views

Menurut beberapa laporan baru-baru ini, karena masalah teknis TSMC mungkin tidak dapat memproduksi chipset Apple untuk tahun 2022 menggunakan prosesor 3nm. Chipset tersebut diharapkan untuk produk produk Apple di tahun 2022, seperti iPhone dan iPadnya yang dapat dibangun di atas prosesor yang lebih kecil.

Sebuah laporan dari DigiTimes(paywall) justru malah mengatakan bahwa Apple mungkin menggunakan prosesor 4nm TSMC untuk chipset A16 yang kemungkinan besar akan dipakai di iPhone dan iPad untuk tahun depan. Meskipun bukan sebuah perubahan besar dari 5nm ke 3nm yang diharapkan banyak orang, ini tetap menggunakan prosesor yang lebih kecil kecil dan akan menawarkan beberapa peningkatan.

Meskipun demikian, kita masih harus sedikit skeptis tentang laporan ini. Karena menurut MacRumors, mereka menggaris bawahi siaran pers TSMC, di mana perusahaan menyebutnya dengan prosesor "N4P" dan menyebut juga "peningkatan besar ketiga" dari prosesor 5nm perusahaan. Ini berarti bahwa ada kemungkinan bahwa ini bukan prosesor 4nm, melainkan penyempurnaan dan peningkatan lebih lanjut dari prosesor 5nm yang telah digunakan Apple selama beberapa generasi chipset seri-A terakhir.

Dengan asumsi ini, kita mungkin masih dapat mengharapkan peningkatan dari segi kinerja dan efisiensi chipset A16, mungkin tidak akan sedrastis itu jika dibangun pada prosesor 3nm, tetapi bagaimanapun masih ada waktu yang cukup lama untuk menunggu untuk iPhone14 dirilis, yang akan menjadi ponsel yang memakai chipset tersebut. [era/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
apple,
#
chipset,
#
a16,
#
prosesor 4nm