MENU
icon label
image label
blacklogo

Brasil Meminta Apple Lengkapi Box iPhone 12 Dengan Pengisi Daya

DEC 10, 2020@13:30 WIB | 149 Views

Kedatangan iPhone 12 disambut antusias oleh pelanggan setia Apple di seluruh penjuru dunia. Kedatangan empat model jajaran iPhone 12 sayangnya tidak dilengkapi dengan pengisi daya dan earphone, karena alasan penghijauan dan meminimalisir biaya produksi.

Dengan keabsenan pengisi daya, Apple menggiring pengguna agar membayar pengisi daya Magsafe nirkabel atau adaptor daya yang lebih cepat. Raksasa teknologi itu bersikeras melepas kit tambahan sehingga dapat menghindari pemborosan bahan dan energi berharga.

Maka untuk pertama kalinya, pabrikan merilis ponsel tanpa aksesoris tambahan. Sebagian merasa tidak masalah dengan ini karena loyalitas tinggi pada merek. Namun bagi sebagian lainnya, ini adalah masalah serius.

Negara paling besar dan paling banyak penduduk di Amerika Selatan, Brasil, datang dengan permintaan khusus pada Apple. Badan perlindungan konsumen Negara Bagian Sao Paulo memberi tahu Apple untuk menyertakan pengisi daya dinding dengan setiap iPhone 12 atau akan dikenakan denda.

Agensi, Procon-SP, bertanya kepada Apple pada bulan Oktober tentang mengapa mereka memilih untuk tidak meletakkan pengisi daya di kotak iPhone 12. Selain alasan yang disebutkan sebelumnya, Apple juga mengatakan keputusan itu akan memungkinkannya mengirimkan lebih banyak handset, memungkinkannya mengurangi emisi karbon hingga 2 juta metrik ton per tahun.

Tetapi Procon-SP tidak menerima penjelasan Apple, mengatakan dalam sebuah pernyataan minggu ini “tidak konsisten untuk menjual perangkat tanpa disertai pengisi daya”. Pada saat yang sama, agensi menanyakan mengapa perusahaan belum meluncurkan program daur ulang untuk mengumpulkan pengisi daya dinding 5W lama, yang dikirimkan dengan iPhone sebelumnya. Tetapi tidak digunakan dengan kabel Lighting-to-USB-C yang dikemas dengan handset terbaru Apple.

Agensi juga ingin tahu apakah Apple akan menawarkan tingkat dukungan teknis yang sama kepada pelanggan yang membawa iPhone 12, yang mungkin telah rusak oleh pengisi daya dinding dari pihak ketiga.

Procon-SP mengatakan pihaknya melihat pengisi daya dinding sebagai bagian penting dari kit iPhone 12. Dan bahwa menjual handset tanpa pengisi daya bertentangan dengan Kode Pertahanan Konsumen Brasil.

Saat ini, hanya Negara Bagian Sao Paulo yang meminta Apple untuk menyediakan pengisi daya dinding. Tetapi laporan menunjukkan bahwa Sekretaris Konsumen Nasional Brasil sedang mempertimbangkan untuk membuat permintaan yang sama.

Kejadian serupa juga sebelumnya terjadi di Prancis. Sementara negara Eropa membiarkan Apple lolos sehubungan dengan pengisi daya dinding, undang-undang di Prancis meminta Apple harus menyertakan sepasang earphone dengan iPhone 12. [yub/asl/timBX]

Tags :

#
apple,
#
box iphone 12,
#
pengisi daya iphone 12