MENU
icon label
image label
blacklogo

Apple Tak Kuras Kocek, Simak Perbandingan iPhone SE dan XR

SEP 27, 2020@12:00 WIB | 136 Views

Untuk Anda penggemar Apple sejati, pasti tak ingin ketinggalan untuk mengganti ponsel dengan keluaran terbaru. Seolah mengincar penggemar yang hemat anggaran, Apple kini memberi penawaran produk dengan harga bersahabat di seri SE. Ponsel rilisan tahun 2020 ini dikenal sebagai Iphone paling terjangkau dengan label harga $399 dolar AS saja, atau hampir Rp6 juta rupiah.

Namun, bila Anda tak begitu tertarik dengan seri SE, Anda dapat mengintip Iphone XR rilisan tahun 2018. Simak perbadingan keduanya, untuk mengetahui ponsel mana yang layak Anda genggam.

Dimulai dengan model SE, desain tipe yang satu ini sangat mirip dengan Iphone 8. Fisiknya mungkin terlihat ketinggalan jaman untuk ponsel rilisan baru, karena memang menggunakan body dan display yang sama dengan Iphone 8. Akan tetapi, seri SE tetap mendapatkan sentuhan terkini dengan dibenamkannya A13 Bionic chip terbaru.

Spesifikasinya memang tak dapat disandingkan dengan Iphone 11, mendekati pun tidak. Apple jelas mengincar konsumen tak berkantong tebal, tetapi masih menginginkan Iphone. Adalah fakta bahwa pabrikan memang memiliki kekuatan brand yang tak diragukan lagi.

Beralih ke Iphone XR, ponsel pintar yang satu ini merupakan pilihan terjangkau pada 2 tahun lalu, yang disejajarkan dengan Iphone XS. Iphone XR dibanderol dengan harga $250 dolar AS atau Rp3,7 juta rupiah lebih murah dari tipe XS. Dibandingkan saudaranya, resolusinya memang lebih rendah, kamera lebih sedikit, dan tidak memiliki sentuhan 3D. Akan tetapi model XR mendapatkan prosesor yang sama, ID wajah, dan secara keseluruhan sangat mirip dengan XS. Iphone XR dapat Anda miliki dengan harga $599 dolar AS atau hampir Rp9 juta rupiah.

Bila membandingkan dua produk ini, dapat dilihat bahwa Iphone SE hanya memiliki satu kamera saja dengan resolusi 12MP, layar 4.7 inci dengan retina HD dan A13 Bionic Chip. Ponsel ini tidak dibekali ID wajah, tetapi datang dengan pindai sidik jari dan pengisian daya nirkabel. Sementara Iphone XR hadir dengan kamera sama 12MP, layar 6.1 inci dengan liquid retina HD dan A12 Bionic Chip. Ponsel ini dibekali ID wajah dan pengisian daya nirkabel.

Untuk Anda yang ingin kecepatan, model SE memang lebih cepat, tetapi memiliki layar yang lebih kecil. Sementara nilai lebih XR terletak pada masa pakai baterai yang lebih lama, ketimbang SE.

Oleh karenanya, Anda perlu mempertimbangkan kedua model ini sesuai kebutuhan. Pada akhirnya, harga SE menduduki puncak teratas Iphone terjangkau dengan perbedaan $200 dolar AS atau Rp3 juta rupiah dari XR. [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
apple,
#
iphone se,
#
iphone xr