MENU
icon label
image label
blacklogo

Apple Peringatkan Pengguna tak Sembrono Menutup Kamera MacBook

JUL 14, 2020@17:00 WIB | 212 Views

Baru-baru ini, Apple menerbitkan sebuah dokumen pendukung yang memperingatkan pelanggan agar tidak menutup kamera notebook Mac mereka dengan penutup sembarangan karena dapat menyebabkan kerusakan tampilan.

Melansir pemaparan Apple dari Macrumors, dikatakan bahwa jarak antara tampilan dan keyboard dirancang untuk toleransi yang sangat rapat. Sehinga, menutupi kamera dengan apa pun dapat menimbulkan masalah.

Mengapa demikian? Karena menutupi kamera internal dapat mengganggu sensor cahaya sekitar sehingga menghambat fitur kecerahan otomatis, dan True Tone pun menjadi tidak berfungsi.

Dikeluarkannya peringatan oleh Apple, berasal dari keluhan pemilik MacBook Pro yang mengungkapkan layarnya retak setelah ia mencoba menutupi kamera. Selain itu juga munculnya beberapa laporan dan peringatan di situs yang menyertakan MacRumors dan Reddit. Rupanya, masalah banyak terjadi pada keluaran model ‌MacBook Pro‌ 16-inci baru, yang dirancang dengan bezel lebih tipis.

Alih-alih menggunakan penutup kamera, Apple menyarankan para pengguna menggunakan penutup alternatif yakni lampu indikator LED yang ada di samping kamera MacBook.

Apple meminta pengguna memperhatikan lampu LED berwarna hijau yang menyala, saat kamera diaktifkan. Kamera tersebut direkayasa sehingga tidak dapat diakses begitu saja, tanpa lampu indikator menyala. Sehingga pada saat kamera aktif, maka lampu LED akan menyala, begitu pula sebaliknya.

Apple juga meyakinkan kamera tersebut dirancang sedemikian rupa sehingga tidak dapat diaktifkan begitu saja. Jadi pengguna MacBook juga dapat mengontrol aplikasi mana yang memiliki akses ke kamera internal pada sistem operasi apa pun setelah macOS Mojave.

Namun bagi pengguna yang sangat perlu menutupi kamera, Apple merekomendasikan penutup kamera yang tidak lebih tebal dari rata-rata selembar kertas printer (0,1mm) dan yang tidak meninggalkan residu perekat. [eli/asl/timBX]

Tags :

#
apple,
#
kamera macbook,
#
kamera notebook mac,
#
macbook pro