MENU
icon label
image label
blacklogo

Apple Maps Akan Mendapatkan Beberapa Perubahan Pada iOS 15

JUN 11, 2021@17:00 WIB | 79 Views

Pada konferensi pengembang WWDC 2021 beberapa waktu lalu,  Apple mengumumkan aplikasi Maps-nya akan mendapatkan beberapa perubahan dan fitur AR baru di iOS 15 yang membuat aplikasi navigasi Apple akan dapat bersaing dengan apa yang ditawarkan oleh Google.

Inti dari Apple Maps adalah peta itu sendiri, yang sekarang mencakup data elevasi yang lebih banyak, lebih banyak warna jalan, label yang banyak, serta landmark 3D -- dengan Menara Coit San Francisco, Ferry Building, dan Jembatan Golden Gate yang ditampilkan selama presentasi WWDC21. Pada malam hari, bangunan 3D di peta menampilkan pendar cahaya bulan yang tidak hanya menambah fungsi, tetapi juga akan terlihat sangat keren.

Saat berkendara, pengguna disuguhkan tampilan jalan yang lebih detail dengan penanda jalur, jalur khusus, (jalur belok, jalur sepeda dan jalur bus/taksi) penyeberangan dan lainnya. Data jalan tol, jalan raya, jalan biasa juga akan disajikan dalam 3D, sehingga Anda dapat melihat jalan layang yang rumit dan persimpangan yang tumpang tindih dalam tiga dimensi saat Anda mengemudi. Tampaknya Apple Maps juga berjalan lebih mulus, untuk lebih memanfaatkan perangkat Apple dengan high frame rate.

Tidak hanya untuk tampilan, Apple berpikir bahwa data peta yang lebih rinci dapat memberikan gambaran awal kepada pengemudi tentang jalur mana yang harus dan akan mereka lewat dan dapat meningkatkan keselamatan dan lalu lintas.

Selain di mobil, Apple Maps juga menambahkan fitur baru yang para pejalan kaki dan transportasi umum. Pengguna akan dapat menyematkan halte angkutan umum terdekat dan informasi stasiun ke perangkat iPhone dan Apple Watch mereka, serta menerima pembaruan dan pemberitahuan otomatis saat mereka berkendara dan mendekati perhentian mereka.

Pada saat berjalan kaki, fitur augmented reality baru memungkinkan pengguna untuk memindai bangunan terdekat di area tersebut dengan kameraiPhone, untuk menentukan posisi yang tepat agar arah berjalan lebih akurat, yang juga disajikan dalam augmented reality. Fitur baru ini memiliki kemiripan fungsi dan bentuk dengan fitur Google Maps Live View AR yang mulai diuji publik oleh Google pada tahun 2019 dan terus dikembangkan hingga saat ini.

Fitur pemetaan dan navigasi AR baru akan hadir di perangkat iOS dengan peluncuran iOS 15, kemungkinan pada bulan September. Data peta 3D yang lengkap dan detail akan ditambahkan ke interface pengguna dalam CarPlay akhir tahun ini. [era/asl/timBX]

Tags :

#
apple maps,
#
apple,
#
ios 15,
#
wwdc 2021