MENU
icon label
image label
blacklogo

Apple Gabung dengan Google, Microsoft, Facebook, dan Twitter dalam Data Transfer Project

JUL 31, 2019@11:06 WIB | 288 Views

Lebih dari setahun setelah peluncuran resminya, Proyek Transfer Data (Data Transfer Project) mengumumkan serangkaian mitra dan fitur baru. Hari ini, Apple mengumumkan akan bergabung dengan proyek besar tersebut, yakni proyek yang bertujuan untuk mengembangkan suatu sistem yang dapat dioperasikan untuk membawa data masuk dan keluar dari iCloud secara lebih muah dan terjamin keamanannya. Tidak hanya Apple, bahkan sejumlah jejaring sosial alternatif juga telah bergabung dengan proyek ini. Tim Solid Berners-Lee bergabung dengan proyek ini, sehingga memungkinkan untuk dapat impor dan ekspor kontak, dan bahkan juga memungkinkan dapat impor dan ekspor postingan.

Proyek open source yang bertujuan mempermudah transfer data dari satu layanan ke layanan lainnya ini dinamakan Proyek Transfer Data. Proyek ini sebagian besarnya terdiri dari pengodean di bagian program back-end untuk membuat alat ekspor data seperti Google Takeout dan tool Akses Informasi Facebook Anda yang kompatibel satu sama lain. Saat ini, tool-tool (alat-alat) itu memungkinkan Anda mengunduh data langsung ke hard drive Anda, tetapi harapannya adalah bahwa kode proyek dapat memungkinkan data dapat melakukan porting langsung ke layanan lain. Dengan demikian, Anda dapat mengirim semua foto Facebook Anda ke akun Foto Google, tanpa langkah yang rumit dan sekaligus memiliki keamanan data yang lebih aman serta kecil kemungkinan mengalami kebocoran.

Google, Microsoft, Facebook, dan Twitter semuanya telah bergabung untuk masuk proyek ini pada musim panas lalu. Laman GitHub proyek menunjukkan pembaruan rutin sejak saat itu, tetapi masih sangat banyak pekerjaan yang sedang dilakukan hingga saat ini. Seperti yang dikatakan situs resminya, “Kami terus melakukan perbaikan yang dapat menyebabkan beberapa kerusakan. Jadi jika saat Anda mencoba berbagai hal, silakan gunakan dengan hati-hati dan kami menerima beberapa kritikan."

Sejauh ini, sebagian besar pekerjaan itu ada di bagian belakang, tetapi mungkin dalam beberapa waktu ke depan akan ada banyak produk yang dilepas ke konsumen. Dalam sebuah pernyataan, Google telah memberikan promosi proyek-proyek baru untuk bisa diperkenalkan dan akan segera hadir dalam hitungan bulan. "Kami benar-benar terdorong oleh kemajuan yang telah dibuat Proyek Transfer Data sejak kami mengumumkannya tahun lalu, dan kami berharap dapat meluncurkan fitur pertama kami ke pengguna dalam beberapa bulan mendatang," kata Jessie Chavez, pemimpin Google untuk Data Transfer Project.

Tags :

#
apple,
#
google,
#
microsoft,
#
facebook,
#
twitter,
#
proyek transfer data