MENU
icon label
image label
blacklogo

Apple Disebut Rilis iPhone SE 2 Tahun Depan, Bagaimana Nasib iPhone 11?

SEP 09, 2019@11:11 WIB | 270 Views

Beberapa waktu lalu, sempat ramai dirumorkan kalau Apple akan merilis iPhone murah berbasis teknologi dan desain yang diusung iPhone 8 yang rilis 2017 lalu. Setelah warganet sudah lupa dengan rumor ini, terdapat laporan yang menyegarkan kembali rumor tersebut. Melansir laporan Bloomberg, diklaim bahwa Apple akan merilis iPhone terjangkau di 2020 mendatang dengan bentuk dan jeroan yang merepresentasikan sekuel spiritual dari iPhone 8. Uniknya, gadget ini akan diberi nama iPhone SE 2.

iPhone SE generasi dua ini masih memiliki ukuran layar yang sama dengan pendahulunya, yakni 4,7 inci. Selebihnya, diharapkan pula terdapat prosesor A13 Bionic serta RAM 3GB. Namun, spesifikasinya sudah disamakan dengan komponen iPhone terbaru. Rencananya, iPhone anyar ini akan diperkenalkan pada awal tahun depan. Kendati demikian, tidak banyak informasi yang mengungkap mengenai keberadaan smartphone ini.

Laporan lain menyebut bahwa iPhone SE ini akan mengusung spesifikasi yang sama dengan iPhone 8 dan masih memakai layar LCD. Kabarnya, perangkat ini memiliki satu kamera belakang dan memori internal 128GB. Perlu diketahui, kabar iPhone SE 2 ini sebenarnya sudah diketahui sejak 2018. Ketika itu, Apple disebut sedang berupaya merilis iPhone dengan harga terjangkau untuk mampu bersaing di India. Adapun iPhone SE generasi pertama diperkenalkan pada Maret 2016. Lalu, seri tersebut resmi dihentikan kelanjutannya pada akhir 2018 setelah berhasil terjual sekitar 40 juta unit.

Bocoran generasi kedua dari iPhone SE ini menyiratkan ketidakpercayaan diri Apple terhadap lini iPhone mereka yang rilis tahun ini: iPhone 11, iPhone 11 Pro, serta iPhone 11 Pro Max. Berdasarkan ulasan dari Nikkei via Forbes, ini adalah strategi Apple untuk memenangkan kembali volume penjualan iPhone. Pasalnya dengan tren menurunnya pengkapalan smartphone dari tahun ke tahun, Apple harus memproduksi iPhone terjangkau untuk memenangkan pangsa pasar di negara berkembang.

Hal ini mengingat 3 perangkat di lini iPhone 11 membawa desain serupa dengan apa yang ditawarkan sejak 2017 lalu: layar poni yang telah banyak ditinggalkan kompetitor di industri smartphone. Meski fitur dan spesifikasi telah meningkat, pembeli awam tentu akan tetap 'menghakimi' dari sisi luar saja. Terlebih lagi, Apple memang selama ini hanya memproduksi gadget premium. Strategi yang berbeda 180 derajat dari kompetitornya yakni Huawei dan Samsung yang punya berbagai produk untuk berbagai segmen. Dari ulasan yang sama, disebut bahwa strategi ini akan berhasil. Pasalnya bagi konsumen rata-rata Apple, mereka telah waktunya ganti gadget dari iPhone 7 atau iPhone 8 mereka. Tentu jika iPhone SE 2 diperkenalkan, gadget ini adalah perangkat yang tepat untuk ‘ganti hape’. [ech/hsn/timBX]

Tags :

#
iphone se 2,
#
iphone 11,
#
smartphone