MENU
icon label
image label
blacklogo

Apple Disebut Akan Beli Bisnis Modem Seluler 5G Intel

JUL 24, 2019@14:00 WIB | 150 Views

Apple sedang mendekati kesepakatan untuk membeli bisnis modem ponsel cerdas Intel yang dahulu sempat ditinggalkan. Bisnis ini diperkirakan sebesar 1 miliar dollar AS. Seperti yang dilansir dari The Wall Street Journal, bahwa kesepakatan tersebut akan diumumkan paling cepat pada minggu depan.

Intel mengumumkan pada bulan April bahwa mereka keluar dari bisnis modem seluler 5G awal tahun ini setelah Apple mencapai penyelesaian mengejutkan dengan Qualcomm yang akan membuat Apple sekali lagi kembali menggunakan modem Qualcomm di teleponnya. CEO Intel, Bob Swan, terus mengklarifikasi bahwa Intel telah meninggalkan bisnis modem secara langsung karena penyelesaian Apple tersebut. Pernyataan itu seakan membuat pernyataan bahwa tanpa Apple sebagai pelanggan, perusahaan Intel tidak melihat jalan ke depan.

Menurut sebuah laporan dari Bloomberg pada saat itu, Apple dilaporkan memutuskan Intel tidak dapat menyediakan modem 5G iPhone dalam jangka waktu tertentu, tetapi tetap berencana merilis smartphone siap-pakai teknologi jaringan 5G. Hal itu memaksa Apple untuk berdamai dengan Qualcomm setelah bertahun-tahun memiliki sengketa hukum yang kontroversial. Sekarang, kesepakatan untuk Apple dalam mendapatkan bagian dari bisnis Intel, yang mencakup portofolio paten dan staf senilai 1 miliar dollar AS atau lebih, dapat dicapai pada minggu depan, menurut narasumber kepada media The Wall Street Journal.

Setelah kesepakatan Apple/Qualcomm, Intel dilaporkan mulai mencari pembeli untuk bisnis modemnya. Dan ternyata Apple sangat masuk akal sebagai pembeli. Sebelum penyelesaian Apple dan Qualcomm, Intel menjadi penyedia modem pihak ketiga tunggal untuk model 2018 iPhone. Apple telah lama menjadi satu-satunya pelanggan utama Intel untuk modem - hampir setiap ponsel Android utama lainnya bergantung pada Qualcomm atau solusi internal.

Sementara Apple memiliki kesepakatan baru dengan Qualcomm, perusahaan teknologi pengendali yang terkenal itu dilaporkan telah bekerja mengembangkan modem sendiri, in-house, mirip dengan platform CPU internal yang ada yang telah menghasilkan chipset seri-A milik iPhone dan iPad. Menambahkan portofolio dan pengalaman Intel ke proses - pengalaman yang mencakup pekerjaan yang ada pada chip 5G untuk iPhone - kemungkinan hanya akan mempercepat proses itu dan memungkinkan Apple untuk bisa beroperasi secara independen dari pihak ketiga untuk modem-modemnya di beberapa titik di masa mendatang.

Tags :

#
apple,
#
jaringan 5g,
#
intel,
#
modem