MENU
icon label
image label
blacklogo

Apple Dikabarkan Sudah Mulai Menggarap Chipset M3

JUN 28, 2022@10:30 WIB | 305 Views

Apple baru-baru ini mengumumkan chipset Apple Silicon M2 dan meluncurkan beberapa MacBook yang didukung oleh prosesor tersebut. Raksasa teknologi yang berbasis di California ini diharapkan untuk meluncurkan beberapa perangkat lagi di akhir tahun ini.

Sekarang, menurut informasi terbaru dari Mark Gurman yang diungkapkan dalam buletin Power On Bloomberg, Apple dikabarkan sudah mulai mengerjakan chipset generasi berikutnya, yaitu M3.

Bersamaan dengan jadwal perilisan untuk prosesor Apple Silicon M3, Gurman juga mengatakan bahwa chip baru tersebut akan memberi daya pada empat perangkat Mac terbaru di tahun depan, MacBook Air 13 inci (J513), MacBook Air 15 inci (J515), dan MacBook Air terbaru (J515), dan iMac terbaru (J433). Dikabarkan MacBook 12 inci juga akan dirilis, tetapi perangkat ini masih dalam tahap pengembangan awal dan belum banyak diketahui tentang detail perangkat tersebut.

Sebelum meluncurkan chipset M3 tahun depan, Apple diperkirakan akan meluncurkan beberapa chipset seri M2 lagi tahun ini, yang kemungkinan besar akan mencakup, M2 Pro, M2 Max, M2 Ultra, dan M2 Extreme.

Perusahaan juga diharapkan untuk meluncurkan headset MR (mixed reality) pertamanya yang ditenagai oleh prosesor Apple M2, bersama dengan model MacBook Pro 14-inci dan MacBook Pro 16-inci baru yang ditenagai oleh chip M2 Pro dan M2 Max. Setelah itu, Apple mungkian akan mengumumkan Mac Pro yang didesain ulang yang ditenagai oleh chip M2 Ultra dan M2 Extreme.

Saat ini, belum ada informasi resmi yang tersedia tentang prosesor Apple Silicon M3, tetapi chipset ini kemungkinan akan diproduksi oleh Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC). Chip M1 dan M2 dibuat menggunakan prosesor 5nm, tetapi jika chip M3 diproduksi menggunakan proses 3nm, maka chip tersebut dapat menawarkan lonjakan kinerja dan efisiensi yang signifikan. [era/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
apple,
#
chipset,
#
prosesor,
#
m3