MENU
icon label
image label
blacklogo

Apple akhirnya Luncurkan iPhone 14

SEP 08, 2022@08:30 WIB | 173 Views

Apple luncurkan jajaran iPhone 14 terbaru yang terdiri dari iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max. Model iPhone 14 Pro menjadi yang paling menonjol di antara keempatnya.

iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max sekarang menggunakan desain pill-shaped cutout untuk menggantikan desain notch untuk bagian kamera depan. Kedua perangkat ditenagai chipset A16 Bionic yang lebih cepat serta fitur Always On Display. Nah BlackPals, Mari kita lihat spesifikasi, desain, dan harga model iPhone 14 dan jajarannya.

iPhone 14 dan iPhone 14 Plus

IPhone 14 dan 14 Plus masih mempertahankan sebagian besar desain dari iPhone 13, termasuk masih mempergunakan CPU Bionic A15 generasi sebelumnya.

Apple tidak akan mengeluarkan versi Mini tahun ini, yang berarti pembeli harus memilih antara iPhone 14 atau 14 Plus yang ukurannya tidak kecil, berbeda dengan versi mini. 

LAYAR

iPhone 14 menggunakan layar berukuran 6,1 inci, sedangkan 14 Plus memiliki layar 6,7 inci yang lebih besar. Kedua model mempertahankan chipset Bionic A15 tahun lalu, yang merupakan awal yang cukup signifikan bagi Apple, yang secara tradisional meluncurkan prosesor baru untuk digunakan di seluruh portofolio iPhone setiap tahun.

Kedua model mengaktifkan fitur SOS Darurat, yaitu fitur layanan pesan darurat yang akan dikirim melalui satelit komunikasi saat Anda berada di luar jangkauan sinyal seluler. Antena di iPhone dapat terhubung ke frekuensi satelit.

Apple mengklaim bahwa mengirim pesan dengan menggunakan frekuensi satelit dapat memakan waktu kurang dari 15 detik, dan interface iPhone 14 akan membantu pengguna untuk memposisikan ponsel mereka ke arah yang tepat dan berbicara kepada mereka agar terhubung kepada penyedia layanan darurat.

Anda juga dapat menggunakan aplikasi Find My untuk mengomunikasikan lokasi Anda tanpa mengirim pesan. Fitur ini gratis untuk dua tahun pertama untuk model iPhone 14.

KAMERA

Untuk kamera selfie, model iPhone 14 mengemas kamera utama ultrawide dan 12 megapiksel, dengan aperture f/1.5 dan stabilisasi berbasis sensor. Apple mengatakan kualitas gambar dalam cahaya rendah telah ditingkatkan sebesar 49%, dan fitur Mode Malam sekarang dua kali lebih cepat.

Kamera TrueDepth 12 megapiksel baru dengan fokus depan juga tersedia. Apple mengklaim akan menerapkan teknologi "Photonic Engine", yang meningkatkan rendering warna dan kinerja cahaya rendah.

Selain itu, iPhone 14 akan memiliki fitur "Action Option", mode stabilisasi baru untuk perekaman video, memanfaatkan seluruh sensor untuk memberikan statibilitas seperti menggunakan gimbal.

iPhone Pro dan iPhone Pro Max

LAYAR

Layar adalah perubahan desain pertama yang paling menonjol di iPhone 14 Pro. Sementara Apple akan menyediakan ukuran layar standar 6,1 dan 6,7 inci, desain notch akan diganti dengan desain pill-shaped cutout untuk fitur Face ID dan bagian cutout melingkar kedua untuk kamera depan.

Apple telah memindahkan sensor jarak di belakang layar, dan sekarang notifikasi akan ditampilkan secara animasi di notch. Apple menyebut mekanisme ini sebagai "Dynamic Island".

Notifikasi dan peringatan akan beradaptasi, serta bergerak di sekitar pill-shaped notch, dan Apple sangat antusias, ketika menjelaskan cara menganimasikan dan menggunakan sistem untuk notifikasi baru.

Apple memamerkan bagaimana sistem "Dynamic Island" bergerak dan berfungsi, menampilkan widget aktivitas langsung yang terlihat "hidup", serta animasi dan kontrol musik. 

IPhone 14 Pro dan 14 Pro Max keduanya akan menghadirkan fitur Always On Display yang akan beroperasi dengan fitur widget layar kunci baru iOS 16.

Fitur ini akan mengaktifkan informasi seperti pengingat, even yang dicatat di kalender, dan ramalan cuaca, tanpa mengharuskan membuka kunci iPhone untuk menampilkannya. Ada juga mode "tidur/sleep" untuk wallpaper iOS 16 yang akan menggelapkan layar untuk menghemat masa pakai baterai.

PROSESOR

iPhone 14 Pro akan ditenagai chipset A16 Bionic. Dengan prosesor terbaru, Apple memprioritaskan efisiensi baterai, layar, dan kamera. CPU enam inti memiliki dua inti berkinerja tinggi yang menggunakan daya 20% lebih sedikit dan empat inti efisiensi yang menggunakan sepertiga daya dari CPU pesaing.

KAMERA

Berbicara tentang kamera, untuk pertama kalinya iPhone akan menggunakan sensor 48 megapiksel, bukan sensor 12 megapiksel. Kamera utama yang didesain ulang akan meningkatkan pemotretan cahaya rendah dengan menggunakan sensor quad-pixel, aperture f/1.78, dan panjang fokus 24mm.

Untuk memaksimalkan pengumpulan cahaya, sensor akan mengambil gambar binned 12 megapiksel untuk sebagian besar bidikan. Ini akan memungkinkan Apple untuk meng-crop sensor dengan berbagai cara untuk memberikan zoom 2x yang terlihat jelas pada panjang fokus 48mm.

Sistem kamera ini dapat menghasilkan gambar yang menakjubkan, dan sensor baru bahkan mengoptimalkan detail dalam format ProRAW Apple.

Kamera ultrawide baru juga meningkatkan fotografi makro dan memberikan peningkatan 3x dalam cahaya rendah. Apple juga telah meningkatkan lampu kilat pada sistem kamera iPhone 14, membuatnya dua kali lebih terang dan responsif terhadap panjang fokus foto. Mode sinematik sekarang mendukung resolusi 4K pada 30fps dan resolusi 4K pada 24fps.

HARGA & KETERSEDIAAN JAJARAN iPhone 14

Model dasar iPhone 14 akan dibanderol sekitar $799, sedangkan 14 Plus dibanderol $899. Preorder akan dimulai pada 9 September, dengan pengiriman di iPhone 14 pada 16 September dan iPhone 14 Plus menyusul pada 7 Oktober.

IPhone 14 Pro akan dibanderol seharga $999, sedangkan iPhone 14 Pro Max dibanderol seharga $1.099. Keduanya akan tersedia untuk preorder pada 9 September, dengan ketersediaan di toko pada 16 September. [dera/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
apple,
#
iphone,
#
iphone 14,
#
iphone 14 pro,
#
iphone 14 pro max,
#
iphone 14 plus