MENU
icon label
image label
blacklogo

Apple Akan Gunakan Kaca Pada Earcup Headphones AirPods Max

FEB 20, 2021@10:00 WIB | 243 Views

Pada Desember 2020, Apple telah meluncurkan headphone AirPods Max. Meskipun harga yang tinggi, headphone ini tetap menarik perhatian para pecinta Apple karena memiliki kesan premium berkat penggunaan bahan aluminium.

Sayangnya, penggunaan aluminium ternyata membuat headphone terasa lebih berat. Hal ini membuat pengguna tidak bisa menggunakan headphone dalam jangka waktu yang lama.

Menyadari kekurangan pada perangkat terbarunya, Apple pun berusaha untuk mengubah penggunaan bahan yang dipakai.

“Headphone telah digunakan selama lebih dari 100 tahun, tetapi desain dan kinerja earphone yang dipasang di telinga pengguna dan terikat pada kepala tetap statis. Karena itu, ada kebutuhan untuk meningkatkan desain dan kinerja earphone headphone” kata Apple.

Menurut paten yang ditemukan oleh Patently Apple, dikatakan Apple sedang mengeksplorasi ide penggunaan kaca sebagai bahan penutup telinga pada AirPods Max.

Bahan kaca ini pastinya tidak akan digunakan sebagai bantala, melainkan dipakai pada bagian luar penutup telinga dan menggantikan penggunaan alumunium. Tetapi menggunakan kaca akan membuat AirPods Max lebih rapuh, dan tidak ada pengguna yang menyukai jika headphone mereka pecah begitu saja.

Patently Apple menjelaskan bahwa Apple juga mencoba menggunakan penguatan kimia asimetris untuk membantu membuat kaca lebih tangguh.

Selain itu, Apple juga ingin menambahkan fitur touch sensors pada AirPods Max menggunakan kaca.

“Earcup mungkin mencakup area sensor sentuh yang dapat dikonfigurasi untuk memungkinkan pengguna memanipulasi pengaturan dan pemutaran media. Dan ini dapat dibuat dari berbagai bahan seperti polikarbonat atau kaca” ucap Apple.

Menurut Apple menggunakan polikarbonat akan menguntukan karena tahan pecah, walau rentan terhadap goresan. Sedangkan menggunakan kaca menguntungkan karena lebih tahan gores dan secara visual lebih menarik daripada polikarbonat.

Jika memang Apple beralih menggunakan earcup kaca, hal itu akan mempengaruhi seberapa banyak kebisingan yang masuk ke pemakainya. Kaca dapat memblokir beberapa suara dan mengurangi suara lain masuk. Jadi propertinya dapat membuat AirPods Max lebih baik.

Meskipun gagasan tentang kaca di headphone adalah jenis baru, tapi bukanlah asing bagi Apple. Perusahaan ini telah menggunakan kaca dan aluminium pada seri iPhone 12. Namun, apakah Apple akan menjalani desain ini dengan baik pada AirPods Max? [geo/asl/timBX]

Tags :

#
apple,
#
earcup headphones airpods max,
#
earcup headphones,
#
airpods max