MENU
icon label
image label
blacklogo

Apple Dapatkan Paten Teknologi Layar Lipat Anti Pecah

JAN 25, 2023@15:30 WIB | 206 Views

Raksasa teknologi dari Amerika Serikat, Apple, menunjukkan keseriusannya untuk mengembangkan produk layar lipat. Seperti diketahui, produk layar lipat saat ini banyak di produksi oleh Samsung dalam bentuk smartphone.

Tidak ingin tertinggal, Apple terus berusaha mengembangkan teknologi layar lipat pertamanya. Dan, langkah awalnya adalah mendapat paten teknologi seperti yang baru saja dilakukan.

Sebuah dokumen dari Kantor Paten dan Merek Dagang AS menunjukan bahwa Apple telah mematenkan teknologi layar lipatnya. Dokumen tersebut menggambar bagaimana layar lipat Apple bekerja.

Sebuah gambar di dokumen paten menunjukan bahagaimana Apple teknologi layar lipat agar tak mudah retak. Paten teknologi ini berpotensi menjadi solusi Apple atas masalah utama perangkat layar lipat, yaitu kerapuhannya

Dilansir dari Gizmochina, layar lipat Apple akan terdiri dari beberapa lapisan, termasuk substrat fleksibel, lapisan transistor film tipis, dan lapisan pelindung.

Lapisan pelindung didesain untuk mencegah retakan pada fleksibel layar yang merupakan bagian paling rentan. Berikut merupakan gambar ilustrasi dari teknologi layar lipat Apple yang sudah dipatenkan.

Dokumen paten dengan nomor US-20230011092-A1 menunjukan teknologi layar lipat Apple anti-retak

Masih belum diketahui dengan pasti apakah Apple akan menghadirkan teknologi layar lipat anti-retak ini di iPad lipat generasi mendatang atau iPhone Flip. Pasalnya, Apple belum mengkonfirmasi pengembangan teknologi layar lipat pertamanya.

Selain itu, rumor sebelumnya dari The Elec mengklaim bahwa Apple sedang mengembangkan panel OLED tanpa polarizer yang lebih tipis dibandingkan layar OLED biasanya.

Polarizer sendiri biasanya disertakan untuk meningkatkan visibilitas layar. Polarizer memiliki kelemahan untuk mengurangi kecerahan layar dan efisiensi pencahayaan panel. Menurut The Elec, konsep panel OLED tipis dari Apple ini terinspirasi oleh Samsung Galaxy Z Fold 3. [wic/tim BX].

Tags :

#
apple,
#
ipad,
#
teknologi layar lipat