MENU
icon label
image label
blacklogo

Android 10 Resmi Diluncurkan

SEP 04, 2019@13:30 WIB | 282 Views

Seminggu sebelum kita mengharapkan untuk melihat iPhone 11 dan iOS 13 baru secara resmi diluncurkan oleh Apple, Google telah mendorong rilis lengkap Android 10 yang lengkap dan stabil (sebelumnya dikenal sebagai Android Q). Ponsel Pixel akan menjadi yang pertama dalam antrean untuk memakai OS seluler terbaru itu.

Dalam sebuah posting blog, Google VP of Engineering Dave Burke menguraikan beberapa fitur baru yang diluncurkan di Android 10 (beberapa sesuai dengan bocoran yang sudah beredar sejak bulan Mei). Ada mode gelap baru yang lebih luas secara sistem, pengaturan privasi telah dirapikan sedikit, dan aplikasi sekarang dapat diberitahu untuk hanya mengakses lokasi Anda saat sedang berjalan (seperti pada iOS).

Android 10 lebih bergantung pada gerakan, secara default (bagaimana ini sebenarnya diterapkan akan tergantung pada model dan produsen ponsel Android Anda). Swiping membawa Anda maju dan mundur di aplikasi, dan menampilkan daftar aplikasi terbaru yang digunakan, tugas yang sebelumnya ditangani oleh tombol khusus.

Salah satu fitur yang lebih mengesankan yang ditawarkan adalah Live Caption. Android 10 akan berusaha untuk meningkatkan kekuatan pemrosesan AI Google untuk memunculkan caption buat video di layar, secara real time - kalau-kalau Anda tidak dapat menaikkan volume (atau memiliki masalah pendengaran). Fitur ini bahkan akan tersedia di video Anda sendiri, Google mengatakan, dan bahkan ketika Anda sedang offline.

Berbagai fitur yang ada telah di-tweak juga. Opsi balasan cerdas yang muncul di sebelah pesan yang masuk sekarang mengenali tautan Google Maps dan URL YouTube, misalnya, dan dapat membawa Anda ke aplikasi yang relevan, sementara pemberitahuan apapun dapat diatur untuk bekerja secara diam-diam (sehingga tidak akan membuat telepon Anda berdering atau buzz, dan tidak akan muncul di layar kunci Anda).

OS ini juga memperkenalkan dukungan resmi untuk ponsel yang dapat dilipat dan koneksi 5G, yang mencerminkan dua inovasi yang telah mendominasi pasar smartphone pada tahun 2019. Aplikasi Digital Wellbeing telah ditambahkan juga dan sekarang memungkinkan Anda mengatur pengatur waktu pada situs web yang Anda gunakan, jika tidak ingin perhatian Anda teralihkan terlalu lama oleh web itu.

Seperti biasa ada sejumlah perbaikan dan modifikasi yang lebih kecil juga, dari penguat suara yang membuat audio lebih jelas melalui headphone, hingga peringatan otomatis yang memperingatkan Anda jika kelembaban terdeteksi di port USB. Seperti halnya iOS, Android adalah sistem operasi yang sangat matang sekarang sehingga inovasi besar menjadi sedikit dan jarang.

Pertanyaan besarnya adalah, kapan kita semua akan mendapatkannya? Seperti biasa, ponsel Pixel adalah yang pertama dalam antrean, meneruskan rekam jejak sepanjang perjalanan kembali ke Pixel pertama di 2013. Sementara itu semua orang masih harus menunggu berita dari produsen perangkat mereka - Nokia, OnePlus, dan LG adalah beberapa pembuat ponsel yang terlibat dalam program Android Q beta, sehingga perangkat mereka mungkin bakal mendapat Android 10 lebih cepat daripada yang lainnya.

[Ard/tim BX]

Tags :

#
google,
#
android,
#
android 10,
#
android q,
#
pixel phone