MENU
icon label
image label
blacklogo

Akhirnya Rilis Juga! Apple Perkenalkan iPhone XS dan iPhone XS Max

SEP 13, 2018@10:25 WIB | 642 Views

(Apple secara resmi memperkenalkan iPhone XS dan iPhone XS Max)

Apple akhirnya resmi memperkenalkan dua jajaran ponsel terbarunya. Sekilas, kedua ponsel ini memiliki tampilan yang sama persis dengan pendahulunya. Namun, seperti yang sudah-sudah, versi “S” selalu hadir dengan spesifikasi yang lebih tinggi ketimbang pendahulunya.

(Sejumlah fitur baru diberikan pada kedua ponsel ini)

Secara umum, Apple menjanjikan dynamic range yang lebih baik, stereo yang lebih luas, dan peningkatan kecepatan Face ID. Apple juga memberikan upgrade pada ketahanan ponsel ini akan air. Kedua iPhone ini sudah mengantungi sertifikat IPX68. Artinya, meski direndam di kedalaman dua meter, kedua iPhone ini mampu bertahan dengan baik.

Seperti apa spesifikasi lengkapnya? Simak di bawah ini!

Spesifikasi iPhone XS

(iPhone XS hadir dengan bentang layar 5,8 inci)

Seperti sebelumnya, iPhone XS hadir dengan bentang layar 5,8 inci. Di iPhone XS terdapat chip A12 Bionic. Dibandingkan versi A11, chipset ini menawarkan kinerja 15% lebih cepat dan 40% lebih hemat energi. Adapun A12 Bionic menjadi chip 7nm pertama yang rilis dan langsung dipatenkan dalam sebuah ponsel. Apple kembali menghadirkan ponsel dengan notch kali ini.

Chipset ini menawarkan enam inti dengan konfigurasi 2 inti berukuran lebih besar ketimbang 4 lainnya. Artinya, dua inti ini akan bertugas memberikan performa tinggi pada iPhone XS. Di sektor grafis, GPU iPhone XS peningkatan performa secara signifikan sebesar 50% dari versi sebelumnya.

Apple hanya memberikan satu versi RAM saja untuk iPhone XS, yakni 4 GB. Di sisi lain, ada tiga opsi memori yang dapat dipilih, antara lain 64 GB, 256 GB, dan 512 GB.

Di lini kamera, Apple kembali memberikan dual kamera belakang dengan resolusi 12 MP + 12 MP. Keduanya sudah dibekali dengan stabilizer OIS. Sementara, di bagian depan trdapat sebuah kamera 7 MP yang mampu merekam dengan resolusi 1080p@60 fps.

Spesifikasi iPhone XS Max

(Perbandingan ukuran iPhone XS dan iPhone XS Max)

Sesuai dengan namanya, iPhone XS Max hadir dengan bentang layar yang lebih besar, yakni AMOLED 6,5 inci. Iphone XS Max sekaligus juga menjadi iPhone terbesar yang pernah diproduksi Apple dalam sejarah. Meski memiliki layar lebih besar, dimensinya tidak jauh berbeda dengan saudaranya. Pasalnya, ponsel ini memiliki rasio layar 19,5:9.

Seperti halnya iPhone XS, ponsel ini juga dibekali dengan chipset A12 Bionic dengan konfigurasi yang sama persis dengan saudaranya. Hal yang sama juga berlaku di sektor RAM dan memori internal. Memori besar yang ditawarkan Apple nampaknya dibuat untuk melawan ponsel-ponsel Android dengan kapasitas memori internal masif.

(Sejumlah sensor yang disematkan pada bagian depan iPhone)

Sektor kamera juga hadir dengan konfigutasi dual kamera 12 MP + 12 MP, lengkap dengan stabilizer OIS pada kedua kameranya. Nah, hadir dengan aperture yang sama dengan versi sebelumnya, f/1.8, sensor yang disematkan jauh lebih baik ketimbang sebelumnya. Dari 1.4µm menjadi 1.2µm. Sementara, lensa telefotonya menggunakan lensa f/2.4 dengan 2x optical zoom.

Nah, salah satu perbedaan mencolok yang dimiliki kedua ponsel ini ketimbang versi sebelumnya adalah adanya dukungan Dual SIM. Seperti diketahui, sebelumnya Apple hanya memberikan opsi satu SIM pada semua ponselnya. Namun kali ini, Dual SIM hadir dalam perangkat terbaru Apple.

(Untuk pertama kalinya, Apple hadirkan Dual SIM pada iPhone)

Di belahan bumi bagian barat, Apple menawarkan e-SIM. Dengan menggunakan satu slot SIM, pengguna bisa menikmati fitur Dual SIM. Namun dalam versi China, Apple memberikan dua slot fisik pada SIM traynya.

Saat ini, iPhone XS dengan memori internal 64 GB dibanderol seharga US$1,000 atau sekitar Rp14,8 juta. Sementara, iPhone XS Max dengan kapasitas memori yang sama dibanderol US$1,100 atau Rp16,3 juta. Harga itu masih berlaku secara global. Belum ada kepastian berapa harga yang ditawarkan nanti di Indonesia. Keduanya akan dirilis secara resmi pada 21 September. [Trd/timBX]

Tags :

#
blacktech,
#
apple,
#
iphone xs,
#
iphone xs max,
#
a12 bionic,
#
iphone