MENU
icon label
image label
blacklogo

AirPods vs Powerbeats Pro vs Galaxy Buds: Mana Yang Lebih Tahan Air?

JUL 05, 2019@11:01 WIB | 180 Views

Sebagian besar earbud nirkabel tidak dirancang untuk bisa tahan air dalam hal ini renang. Namun beberapa cipratan air atau olahraga berkeringat mungkin merupakan permainan yang adil dalam beberapa kasus pengujian ini. AirPods dan Powerbeats Apple dan Galaxy Buds Samsung menawarkan tingkat ketahanan air yang berbeda-beda (atau tidak sama sekali dalam hal AirPods), tetapi alih-alih mengambil kata-kata Apple dan Samsung untuk itu, kami memutuskan untuk membawanya melalui beberapa tes air dunia nyata untuk mengetahui berapa banyak air, keringat, dan deterjen cucian (petunjuk) yang dapat mereka tangani.

Powerbeats Apple secara teknis paling tahan lama dengan peringkat resmi IPX4 yang membuatnya berkeringat dan tahan air, tetapi case pengisian daya tidak menawarkan perlindungan seperti itu. Samsung Galaxy Buds memiliki peringkat IPX2 yang berarti mereka dapat menangani beberapa percikan, sedikit keringat, dan bahkan tumpahan sesekali menurut Samsung, tetapi sekali lagi, ini tidak mencakup kasing dan merupakan langkah di belakang daya tahan yang ditawarkan oleh Powerbeats. AirPod adalah underdog dalam skenario ini karena mereka tidak diberi peringkat untuk apa pun yang terkait air, setidaknya tidak secara resmi, karena (peringatan spoiler) pengujian kami menceritakan kisah yang berbeda.

Tantangan Keringat dan Celupan Air

Ketika Anda berolahraga, hal terakhir yang ingin Anda khawatirkan adalah jika earbud Anda akan bertahan dari sesi olahraga yang intens atau lari berkeringat, yang persis seperti apa yang dirancang Powerbeats Pro dan Galaxy Buds untuk bertahan. Untuk menguji klaim, kami melakukan simulasi latihan berkeringat di gym. Kami mengenakan setiap earphone dan menyemprot satu sama lain di wajah dengan air sampai tetesan menetes di sisi kepala kami. Karena kami mengenakan earphone, hanya bagian luar yang bersentuhan dengan air. Setelah masing-masing semprotan sekitar lima, kami mengeluarkan tunas dari telinga kami, mengeringkannya (dan ujung sayap jika berlaku) yang Apple dan Samsung sarankan lakukan segera setelah paparan air. Tepat setelah pengeringan, kami menguji koneksi bluetooth, kualitas audio, dan mikrofon pada masing-masing dengan memasangkannya ke telepon masing-masing, memutar musik dan merekam audio dari mikrofon. Hasilnya : koneksi bluetooth, kualitas audio, mikrofon antara kegitanya masih bisa bekerja dengan baik. Bahkan mereka masih mampu juga bekerja baik setelah kami celupkan beberapa kali ke air baik itu AirPods, Powerbeats Pro maupun Galaxy Buds.

Tantangan mesin cuci

Setelah dua putaran pengujian tersebut di atas dan masih tidak ada pemenang yang jelas, kami tidak punya pilihan selain meningkatan kekerasan pengujian terhadap perangkat AirPods vs Powerbeats Pro vs Galaxy Buds ini. Yakni kami masukkan mereka ke dalam mesin cuci! Kami mengeluarkan setiap set tunas dari kasing mereka dan memasukkannya ke saku jaket sebelum membuangnya ke mesin cuci terpisah dengan beberapa barang lagi yang perlu dicuci. Ketiga mesin diatur pada siklus 30 menit normal dengan air dingin dan deterjen. Hasilnya: AirPods, Powerbeats Pro, Galaxy Buds ini masih berhasil mengejutkan kami. Ketiganya berpasangan mulus ke ponsel masing-masing dari kelelawar. Powerbeats memiliki kualitas suara terbaik dari ketiganya, dengan sedikit atau tidak ada perbedaan dalam tes pemutaran musik. Mikrofon, bagaimanapun, terdengar lebih tenang dalam rekaman audio kami setidaknya pada awal klip. Galaxy Buds, di sisi lain, bernasib terbaik dalam hal mikrofon, tetapi mereka yang terburuk dalam hal kualitas pemutaran. Sisi kiri hampir tidak terdengar dan sisi kanan terdengar hamper hilang bahkan dengan volume yang diputar maksimal.

AirPods mulai kelihatan tidak bekerja dengan baik. Salah satu dari mereka telah kehilangan banyak volume, dan yang lainnya terdengar agak terganggu juga, tetapi mereka masih memainkan musik dan terdengar lebih keras daripada Galaxy Buds. Mikrofon itu sedikit teredam, tetapi tidak ada yang terlalu serius.

Untuk memberikan kesempatan bertarung pada semua earbud, kami membiarkannya mengering selama 48 jam sebelum mengujinya lagi untuk memastikan sebanyak mungkin uap air menguap. Setelah memeriksa bahwa semua earbud kering, kami mengisi ulang setiap pasangan dalam kasingnya.

Earbud Bluetooth Paling Tahan Sir adalah…

Setelah 48 jam kami menjalankan semua tes lagi. Masalah mikrofon yang sebelumnya kami alami dengan Powerbeats pada titik ini hampir tak terlihat. Mereka kembali terdengar hampir sama baiknya dengan yang baru (setidaknya di telinga kita, seorang ahli audio mungkin tidak setuju). Galaxy Buds terdengar sedikit lebih keras dari sebelumnya, tetapi hampir tidak ada suara yang datang dari sisi kiri. AirPods memiliki pemulihan yang lebih baik: keduanya memiliki volume yang layak, meskipun musiknya tidak terdengar renyah seperti sebelumnya semua tantangan air kita dan klip audio yang direkam dari mikrofon masih terdengar teredam.

Dengan peringkat IP tertinggi di antara ketiga headphone nirkabel yang kami uji, tidak mengherankan jika Powerbeats Pro berkinerja terbaik secara keseluruhan. Galaxy Buds tampaknya memiliki jumlah kerusakan paling sedikit terjadi pada mikrofonnya, tetapi tunas itu sendiri hanya memainkan suara di satu sisi. Bahkan kemudian, kami harus memutar volume ke level maksimum untuk mendengar banyak. AirPod adalah outlier dari kelompok tersebut karena mereka tidak diberi nilai keringat atau air dan ternyata menjadi kejutan terbesar dalam pengujian kami. Setelah semua pengujian kami, mereka tidak terdengar sebagus ketika kami pertama kali mengeluarkannya dari kotak, tetapi mereka jelas masih dapat digunakan bahkan setelah melalui testing pencucian dengan mesin cuci.

Tags :

#
airpots,
#
powerbeats pro,
#
galaxy bad

RELATED ARTICLE