MENU
icon label
image label
blacklogo

Adobe Premiere Keluarkan Versi Android

MAY 24, 2019@16:35 WIB | 705 Views

Perkembangan dunia digital belakangan ini semakin pesat, terutama kea rah aplikasi yang bersifat mobile atau bisa digunakan melalui smartphone. Beberapa nama besar industri software mu;ai mengeluarkan versi mobile dari aplikasi andalan mereka. Mulai dari sekadar perangkat lunak untuk mengetik, hingga game - game besar yang tadinya hanya ada di PC atau konsol. Sekarang Adobe sebagai salah satu nama besar di industri software juga turut terjun ke aplikasi mobile.

Aplikasi video baru Adobe Premiere Rush yang dirancang untuk merampingkan pengeditan video,  sekarang tersedia untuk pengguna Android. Adobe memperluas Premiere Rush ke sistem operasi Android dengan membuka unduhan editor videonya melalui Google Play Store dan Samsung Galaxy App Store.

Adobe Rush membawa beberapa alat dari editor video level pro Adobe, Premiere, ke platform yang disederhanakan. Sementara kehilangan beberapa fitur yang lebih canggih, Rush dirancang untuk mengedit proyek media sosial, serta untuk editor pemula.

Perangkat lunak yang disederhanakan ini masih termasuk alat untuk mengedit dan stitching, koreksi warna, membersihkan audio, menambahkan template Motion Graphics untuk teks dan judul, serta mengubah ukuran untuk publikasi. Aplikasi seluler juga memungkinkan pengguna untuk mengambil video dari dalam aplikasi Rush.

Pembaruan membawa kompatibilitas Android yang dijanjikan sebelumnya ke program pengeditan setelah perangkat lunak awalnya diluncurkan pada desktop dan iOS. Seperti aplikasi berbasis cloud Adobe lainnya, Rush dirancang untuk memungkinkan editor mengakses proyek di mana saja, dan tanpa kompatibilitas Android nilai portabilitasnya hilang untuk sekelompok besar pengguna. Menggunakan penyimpanan cloud, pengguna dapat bekerja dari komputer desktop, kemudian bekerja di proyek yang sama dari perangkat seluler.

Sementara kompatibilitas lintas platform sekarang umum dengan aplikasi Adobe seperti Lightroom, Premiere Pro tidak memiliki opsi seluler. Proyek Rush nantinya dapat dibuka di dalam Premiere Pro untuk memanfaatkan alat pengeditan yang lebih canggih ketika pengguna memiliki akses ke desktop, kata Adobe. Ini memungkinkan program tersebut untuk berfungsi sebagai editor yang berdiri sendiri, disederhanakan, dan sebagai alat tambahan untuk pengguna Premiere Pro.

Peluncuran versi Android juga mencakup kemitraan antara Samsung dan Adobe. Samsung mengatakan bahwa Premiere Rush dioptimalkan untuk GPU setiap smartphone, yang berarti kinerja lebih cepat. Pengguna Samsung Galaxy juga dapat menerima diskon 20 persen langganan perangkat lunak tersebut.

Seperti versi iOS, versi berbayar Premiere Rush untuk Android mencakup 100GB penyimpanan Creative Cloud untuk membantu mendukung pengeditan di mana saja. Di iOS, aplikasi ini telah mendapatkan pengakuan Editor Choice dan memiliki peringkat 4,5 bintang secara keseluruhan.

Adobe juga berencana menambahkan opsi untuk mengontrol kecepatan video dan untuk meningkatkan kinerja aplikasi. Dengan pembaruan, opsi berlangganan untuk Rush tetap sama. Versi pemula gratis menawarkan semua alat perangkat lunak tetapi terbatas pada tiga proyek. Aplikasi lengkap tersedia untuk 10 dolar Amerika sebulan atau bisa juga memilih lewat jalur langganan aplikasi tunggal Premiere Pro dan paket All Applications.

[Ard/tim BX]

Tags :

#
adobe,
#
adobe premiere pro,
#
adobe rush