MENU
icon label
image label
blacklogo

5 Aplikasi Untuk Optimasi Smartphone Android

AUG 14, 2019@16:25 WIB | 610 Views

Kebanyakan orang hanya berpikir untuk membersihkan ponsel mereka ketika ada sesuatu yang salah. Perangkat Android memang sudah cukup pintar sehingga pemeliharaan rutin tidak diperlukan, tetapi tetap merupakan ide yang baik untuk melakukan penyetelan digital sesekali. Jangan meremehkan dampak dari tetap terorganisir secara digital. Itu mungkin membuat ponsel Anda bekerja lebih lama dan lebih baik.

Untuk melakukan itu, terpenting adalah menemukan aplikasi pembersih ponsel yang benar-benar memenuhi janji mereka. Salah memilih bisa berarti Anda membuang ruang penyimpanan percuma, atau lebih buruk yaitu menginfeksi gadget Anda dengan malware dan spam. Oleh karena itu kami akan membantu Anda menemukan yang layak digunakan. Berikut 5 aplikasi untuk optimasi smartphone android:

1. Droid Optimizer

Droid Optimizer adalah salah satu alat pembersih Android paling terkenal, dengan lebih dari satu juta unduhan di Google Play Store. Ini mudah digunakan, terutama untuk pemula, dengan layar pengantar yang menuntun Anda melalui izin dan fitur.

Ini menawarkan "sistem peringkat" yang dirancang untuk memotivasi Anda untuk menjaga perangkat Anda dalam kondisi prima. Hanya satu ketukan yang Anda perlukan untuk memulai pembersihan ponsel. Anda akan melihat statistik Anda di bagian atas layar; ruang kosong dan RAM tampil di sebelah skor "peringkat" Anda, tempat Anda menerima poin untuk tindakan pembersihan Anda.

Droid Optimizer juga memungkinkan Anda mengatur pembersihan rutin dan otomatis. Pembersihan otomatis ini akan membersihkan cache Anda, menghentikan aplikasi latar belakang, dan menghapus file yang tidak perlu. Ini juga dilengkapi dengan "penjadwal malam yang baik" untuk menghemat energi, contohnya ini akan secara otomatis menonaktifkan fitur seperti Wi-Fi Anda saat tidak aktif.

Pengoptimal Droid juga dapat menghapus aplikasi secara massal, berguna jika Anda ingin membuat ruang dengan cepat. Droid Optimizer dapa diunduh secara gratis di Play Store dengan pembelian dalam aplikasi tersedia.

2. CCleaner

Ini adalah aplikasi yang sudah terkenal untuk penggunaan di desktop, dan sekarang tersedia di Android. CCleaner di Android adalah aplikasi multifungsi yang melakukan yang terbaik untuk menganalisis dan membersihkan file-file liar yang menghabiskan ruang berharga Anda. Fungsi utamanya adalah fitur pembersih yang dapat menghapus data cache dari aplikasi, membersihkan folder kosong, dan menghapus berbagai riwayat.

Ini juga memiliki App Manager, yang menawarkan antarmuka sederhana yang memungkinkan Anda memilih beberapa aplikasi untuk dihapus sekaligus. Terakhir, halaman System Info memonitor sumber daya ponsel Anda (CPU, RAM, detail perangkat) sehingga Anda dapat melihat apa yang sedang terjadi dengan cepat. CCleaner dapat diunduh secara gratis, meskipun Anda dapat meningkatkan ke langganan Pro untuk beberapa tambahan.

3. All-in-One Toolbox

Membersihkan ponsel dari file yang tidak perlu hanyalah satu bagian dari tugas. Bagaimana dengan memantau baterai Anda, atau suhu CPU Anda, atau iklan-iklan seluler yang menjengkelkan itu? All-In-One Toolbox, sesuai namanya, ada di sini untuk melakukan semuanya.

Aplikasi ini mampu membersihkan file sementara di perangkat Android Anda, menghapus cache, dan menghapus folder kosong dan file sisa aplikasi lain yang tersangkut. Hanya perlu satu ketuk untuk menganalisis perangkat, lalu ketuk lain untuk menghapus, dan Anda selesai.

Fungsi Boost membersihkan cache sistem Anda dan menutup aplikasi latar belakang, sekali lagi dengan dua ketukan. Anda dapat mengatur ini secara otomatis dengan fungsi Boost + jika Anda mau, tetapi melakukan hal itu membutuhkan pembelian dalam aplikasi. Jika Anda merasa ponsel boros daya, bagian Battery Saver adalah jawabannya.

Jika itu tidak cukup, ada juga penghapus aplikasi massal, alat pembersih file canggih, dan penganalisa WiFi. Sesuai namanya, All-In-One Toolbox mencoba melakukan semuanya. Aplikasi ini dapat diunduh gratis dengan pembelian dalam aplikasi tersedia. Jika berminat lebih jauh, All-In-One Toolbox Pro tersedia hanya dengan harga 16 dolar AS saja (Rp228 ribu).

4. SD Maid

SD Maid mengklaim "siap melayani" sebagai pembersih digital untuk ponsel Android Anda. Membuka aplikasi memberi Anda empat fitur tindakan cepat yang dapat digunakan untuk merapikan perangkat Anda.

Yang pertama, CorpseFinder, mencari dan menghapus file atau folder yang tersisa dari penghapusan aplikasi. SystemCleaner adalah alat pencarian dan hapus yang lain, kali ini mencari file dan folder umum yang diyakini oleh SD Maid dapat dihapus dengan aman.

AppCleaner melakukan tindakan yang sama tapi untuk aplikasi Anda. Jika Anda ingin menggunakan fitur tersebut, Anda harus memutakhirkan ke SD Maid Pro. Ada juga Database untuk membantu mengoptimalkan basis data aplikasi apapun yang sedang digunakan — dalam pengujian kami, itu mampu menghapus 40MB dari Spotify.

SD Maid secara dasar merupakan aplikasi gratis di Play Store. Namun Anda perlu membayar sekitar 4 dolar AS untuk mendapatkan versi SD Maid Pro yang menawarkan beberapa fitur tambahan.

5. Clean Master

Clean Master ini mempunyai 4 fitur utama untuk memaksimalkan kembali kinerja perangkat Anda. Pertama Junk Files untuk menghapus cache dan file sisa dari aplikasi yang sudah dihapus untuk membebaskan ruang penyimpanan pada smartphone Android kamu. Berikutnya Phone Boost untuk menutup aplikasi yang berjalan di latar belakang. Ada juga fitur CPU Cooler yang berfungsi buat meringankan kerja CPU. Terakhir adalah Antivirus yang dimaksudkan untuk mendeteksi virus dan ancaman lain yang berbahaya bagi smartphone Android kamu.

Selain itu Clean Master juga memiliki beberapa fitur keamanan. Seperti WiFi Security yang dapat mengamankan ponsel dari WiFi umum yang tidak terpercaya. Applock untuk mengunci aplikasi agar tidak dapat dibuka sembarangan oleh orang lain. Ada juga Message Security dan Safe Browsing yang dapat menjadi pelapis keamanan tambahan Anda.

Pemeliharaan rutin memang tidak diperlukan bagi Android, tetapi dapat membantu menjaga perangkat Anda berjalan dengan lancar. Apalagi jika Anda melihat ada masalah dengan perangkat Android Anda, aplikasi di atas bisa sedikit banyak membantu. Jika itu tidak berhasil, mungkin saatnya untuk meningkatkan ke perangkat keras yang lebih baik.

[Ard/tim BX]

Tags :

#
optimizer app,
#
android optimizer,
#
droid optimizer,
#
ccleaner,
#
all in one toolbox,
#
sd maid,
#
clean master