MENU
icon label
image label
blacklogo

Virtual ‘Mars House’, Rumah NFT Pertama di Dunia

APR 05, 2021@17:00 WIB | 487 Views

Artis kontemporer berbasis di Toronto, Krista Kim, menjadi berita utama bulan lalu ketika dia menjual apa yang disebut rumah NFT pertama di dunia. Kini, ini dikabarkan telah membuat rumah impian dengan pemandangan Mars. Disebut Mars House, bagian dari real estat crypto ini terjual dengan harga lebih dari $500 ribu dollar AS atau setara Rp7,2 milyar.

Mars House seluruhnya terdiri dari cahaya, dengan efek visual crypto home yang dimaksudkan untuk menghilangkan suasana zen. Rumah ini juga dilengkapi properti khusus dengan iringan musik, sebagai hasil kolaborasi dengan musisi Smashing Pumpkins, Jeff Schroeder.

Akta rumah unik ini semanis desainnya. Memang desainer menandai rumah untuk menjualnya sebagai NFT, semacam akta kepemilikian virtual yang unik. Ruang interior rumah ini sebagian besar terbuka ke luar berkat jendela ceruk yang besar. Di luar, lounge taman menawarkan pemandangan perbukitan Mars dan langit yang menakjubkan.

Di area dalam semua kenyamanan modern telah dipikirkan, kecuali bahwa penghuni tak bisa memasak. Alasan sang kreator adalah karena seseorang tidak makan di dunia virtual. Paradoksnya, rumah ini memungkinkan Anda untuk mandi.

Pembeli anonim Mars House ini dikenal secara eksklusif dengan nama SuperRare @artoninternet, yang  mendapatkan NFT dan file 3D yang terkait dengan desain digital. Secara harfiah dikatakan mendapat cetak biru untuk rumah dan semua furnitur di dalamnya. Menariknya, semua ini dapat dibangun di kehidupan nyata oleh pembuat furnitur kaca di Italia, melalui teknologi layar MicroLED.

Berbicara tentang karya seni baru yang inovatif, Kim mengatakan bahwa itu “mewakii generasi NFT berikutnya dan merupakan tanda dari hal-hal yang akan datang. Saat kita memasuki masa depan yang terhubung dengan AR (augmented reality) dengan peluncuran kacamata AR Apple dan lensa kontak AR.”

Jenis transaksi ini sedang booming di dunia seni dan sekitarnya. Banyak objek virtual dan nyata telah dijual melalui NFT seperti gif, foto, tweet dan video pendek. Kasus terbaru yang paling terkenal adalah penjualan karya seniman Beeple (Mike Winkelmann). Bulan ini, karyanya yang berjudul Everydays – the first 5000 days, sebuah file jpeg terenkripsi, terjual dengan harga $69juta dollar AS atau setara Rp1 trilyun.

Penciptaan Mars House di alam semesta virtual ini merepresentasikan refleksi seniman di sekitar tempat teknologi dalam kehidupan kita. Pada tahun 2014, Krista Kim bahkan meluncurkan gerakannya yang disebut ‘techism’.

Di situs webnya, tempat dia mempublikasikan manifesto gerakan, dia mempertanyakan tempat kecantikan di era digital sejak kehadiran Web 2.0 dalam hidup kita. Melalui karyanya, sang seniman mengatakan bahwa dia ingin mendamaikan inovasi teknologi dengan kreasi artistik. Dengan Mars House-nya, tampaknya ia berhasil mewujudkan hal tersebut. [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
rumah virtual,
#
mars house

RELATED ARTICLE