MENU
icon label
image label
blacklogo

Manjakan Mata Anda dan Hirup Udara Segar di Kebun Teh Kaligua

MAR 17, 2018@17:00 WIB | 309 Views

Buat yang punya rencana pergi ke Brebes untuk liburan, ada satu tempat yang tampaknya perlu untuk dikunjungi jika Anda tidak ingin menyesal kemudian. Tempat yang dimaksud adalah kebun teh Kaligua yang terletak di kaki Gunung Slamet di desa Pandasari, Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Untuk masuk ke tempat ini, setiap orang hanya perlu membayar tiket sebesar Rp 12.000,-. Setelah masuk, para pengunjung bebas untuk naik ke kebun teh dan berfoto di sana. Harga tiket masuk tersebut juga sudah termasuk biaya parkir kendaraan. Apakah di tempat ini hanya ada kebun teh saja? Tentu tidak. Karena di bawah area perkebunan teh, ada Goa Jepang yang juga menarik untuk dikunjungi.

Kalau mau masuk Goa Jepang, pengunjung akan ditemani oleh seorang pemandu yang akan menceritakan dan menjelaskan tentang sejarah Goa Jepang. Tidak ada biaya yang dikenakan untuk masuk ke Goa Jepang alias gratis. Begitu juga untuk pemandunya. Pada dasarnya, tidak ada biaya yang ditetapkan untuk jasa pemandu. Meski begitu, banyak orang yang memberi tip untuk pemandu setelah mereka selesai berkeliling Goa Jepang.

Lantaran terletak di kaki Gunung Slamet, wajar kalau kita turun lagi, kita akan menemukan aliran air yang deras dari kaki gunung. Asyiknya lagi, selain airnya dingin, air tersebut bisa langsung diminum.Satu hal yang pasti akan kita temukan di kebun the Kaligua adalah, ada cukup banyak spot foto yang instagramable. Jadi buat yang mau selalu eksis di instagram, kalian bisa berfoto sepuasnya di sini.

Tertarik untuk mengunjungi tempat ini? Jika Anda pergi dari kota Bumiayu, maka waktu yang dibutuhkan untuk sampai di kebun teh Kaligua adalah sekitar dua jam dengan menggunakan sepeda motor.

Bagi anda yang ingin ke kebun teh Kaligua dengan sepeda motor, sebaiknya anda menggunakan motor trail. Sebab, medan yang dilalui untuk sampai di kebun teh Kaligua terbilang cukup berat, karena banyak jalan berlubang dan tanjakan.[APSG/timBX]

Tags :

#
blackspot,
#
kaligua,
#
kebun teh,
#
gunung slamet,
#
brebes