MENU
icon label
image label
blacklogo

Awas, Foto Menara Eiffel Saat Malam Bisa Masuk Penjara

MAY 20, 2019@10:19 WIB | 1,234 Views

Setiap orang yang pergi ke Paris, tujuan utamanya pasti menara Eiffel. Waktu terbaik untuk menikmati Eiffel adalah malam hari, saat menara ini sedang cantik-cantiknya karena siraman lampu-lampu di sekitarnya.

Hal ini tentu saja membuat kalian berpikir untuk mengabadikan keindahan Eiffel agar terus diingat. Namun pikiran itu seharusnya dibuang jauh-jauh. Apa alasannya? karena pemerintah setempat sudah melarang memotret Eiffel pada malam hari.

Jika kalian bertanya soal foto-foto yang beredar di Instagram dan media sosial lainnya, ya benar. Itu semua ilegal. Seperti yang dijelaskan Snopes yang dikutip dari laman Travel and Leisure, mendistribusikan foto menara Eiffel pada malam hari adalah pelanggaran hak cipta fotografer.

Apalagi, Société d’Exploitation de la Tour Eiffel yang merupakan perusahaan pengelola menara ini mengatakan, "Pemandangan menara Eiffel itu bebas hak cipta. Namun untuk mempublikasikannya saat menara Eiffel menyala itu harus ada izin dan hak cipta dari Société d’Exploitation de la Tour Eiffel,"

Dilanjutkan Snope, menara Eiffel sepanjang siang hari diperbolehkan untuk difoto sebanyak apapun itu.  Soal aksi lampu ini oleh Pierre Bideau di tahun 1985. Ahli listrik dan lampu ini menyinari menara Eiffel dengan siraman cahaya berwarna emas dan kerlip cahaya putih selama lima menit setiap jam-nya. Cahaya inilah yang dilarang untuk disebarkan di media sosial.

Sampai saat ini memang belum ada kasus yang menyeret wisatawan terkait pemotretan Menara Eiffel pada malam hari. Namun, tak ada salahnya Anda menghindari hal tersebut agar tidak tersandung kasus di Perancis.

Menara Eiffel memang memancarkan kecantikannya saat malam hari dan akan berkedip setiap 5 menit sekali sampai jam 1 malam, Jadi masih berpikiran untuk memotretnya di malam hari? Pikir-pikir lagi deh kalau kamu enggak mau dibawa ke penjara.  Jadi kalau ke Paris nikmati saja menara Eiffel yang sesungguhnya dengan mata telanjang dan rekam baik-baik di memori kalian ya. Selamat menikmati Eiffel di malam hari.

Tags :

#
eiffel,
#
paris,
#
spot fotografi