MENU
icon label
image label
blacklogo

Lima Tips Agar Anda Tidak Tersangkut Saat Offroad

OCT 10, 2015@12:00 WIB | 8,647 Views

Bagi Anda yang hobi offroad, tentunya pernah mengalami yang namanya tersangkut atau terjebak. Olahraga ini memang membangkitkan adrenalin pelakunya, karena offroad tidak hanya mengandalkan mobil yang mumpuni saja, namun jug membutuhkan skill dan juga kedewasaan dalam berpikir.

Well, bagaimana caranya agar Anda tidak tersangkut, terjebak, terjerembab, atau malah klontang (terguling_red)?

1. Kenali Limit Mobil

Mobil berjenis SUV yang banyak beredar dipasaran saat ini telah dilengkapi sistem penggerak empat roda atau all wheel drive. Namun bukan berarti Anda dapat menaklukkan medan terjal tanpa memodifikasi kendaraan. Analoginya Honda CR-V standar kesayangan Anda tidak serta merta dapat mengalahkan sebuah Jeep Wrangler di lintasan berbatu terjal tanpa ubahan.

2. Ajak Teman

Hal ini menjadi penting karena teman terbaik Anda adalah orang yang paling mengerti Anda. Offroad sendirian bukanlah ide yang bagus karena jika seandainya terjadi masalah, teman dapat diandalkan untuk membantu Anda.

3. Kurangi Tekanan Angin Ban

Dalam offroad, grip ban memiliki peranan yang sangat penting. Karena untuk menaklukkan medan terjal, ban membutuhkan ekstra grip agar tidak terpeleset. Apalagi jika Anda hendak mendaki bebatuan berlumut, tekanan angin sebesar 18 PSI niscaya akan menghindarkan Anda dari bahaya.

4. Santai

Dalam menakklukan rintangan demi rintangan, Anda diwajibkan memiliki kapasitas yang memadai. Namun yang paling penting lagi adalah lakukan dengan santai dan jangan terburu-buru. Hal ini mempengaruhi Anda dalam mengambil keputusan dalam mengatasi setiap rintangan. Analoginya, meskipun Anda menggunakan mobil dengan spek full offroad, tidak berarti Anda dapat menginjak gas seenaknya. Segala rintangan mesti diperhitungkan karena setiap rintangan berbeda-beda cara penanganannya.

5. Bawa Alat Bantu

Save the best for the last, meskipun terakhir namun peranti ini tidak boleh dilupakan. Peranti seperti tali, kunci-kunci, dan winch harus ada jika Anda ingin melakukan petualangan di alam liar.

Karena alat inilah yang nantinya akan membantu Anda dalam situasi pelik ditengah hutan. [dw/timBX]

Tags :

#
Tips Offroad
#
Tips Otomotif
#
Offroad
#
Tips Mobil
#
Lima Tips Offroad