MENU
icon label
image label
blacklogo

10 Tanda Lampu Indikator yang Wajib Diperhatikan

JUL 23, 2015@13:16 WIB | 423,303 Views

Kendaraan-kendaraan modern biasanya sudah dilengkapi oleh lampu-lampu indikator. Lampu indikator inilah yang menjadi penanda awal terjadinya kerusakan pada salah satu sistem kendaraan.

Lampu-lampu indikator biasanya terletak di panel instrumen yang menyatu dengan speedometer serta tachometer. Bentuknya berupa lambang-lambang khusus yang menandai beberapa bagian dari sistem mobil. Apa saja lampu indikator yang biasanya ada di panel instrument? Berikut penjelasan kami.

Indikator Rem
Jika lampu indikator ini menyala maka menandakan rem tangan mobil Anda masih aktif. Namun jika handbrake sudah di release, namun lampu indikator masih menyala, maka menandakan minyak rem kendaraan Anda habis. Segera isi dengan minyak rem yang direkomendasikan pabrikan kendaraan Anda.

Indikator Pintu
Jika lampu indikator ini menyala, maka menandakan ada satu atau lebih pintu mobil Anda yang terbuka atau tidak tertutup sempurna.

Indikator Sabuk Pengaman
Jika pada panel instrumen mobil ada lampu seperti ini yang berkedip, maka menandakan sabuk pengaman belum terpasang. Biasanya jika sabuk tidak dipasang dalam jangka waktu yang lama maka kerlip lampu indikator akan diikuti bunyi peringatan.

Indikator Temperatur Mesin
Ketika lampu ini menyala maka suhu mobil terdeteksi tinggi. Biasanya hal ini diikuti dengan indikator jarum temperatur pada panel instrumen yang naik ke posisi garis merah atau H.

Indikator Aki
Pabila lampu indikator seperti ini di panel instrumen menyala, maka menandakan baterai atau aki kendaraan Anda sudah kehabisan daya atau rusak. Segera ganti dengan aki baru.

Indikator Bahan Bakar
Jika lampu indikator berbentuk selang pengisian bahan bakar ini menyala atau berkedip maka itu pertanda bahan bakar di tangki bahan bakar kendaraan Anda hampir habis.

Indikator Oli
Ketika lampu indikator seperti ini menyala, maka sistem pada kendaraan mendeteksi ruang mesin kekurangan cairan pelumas atau oli. Segera isi dengan oli baru sebelum kerusakan merambat ke bagian lain.

Indikator Airbag
Pada mobil yang sudah dilengkapi fitur airbag, maka jika lampu indikator ini menyala terjadi kerusakan pada sistem keselamatan tersebut. Segera lakukan pemeriksaan di bengkel resmi.

Indikator ABS
Sama seperti lampu indikator Airbag, maka jika lampu ini menyala menandakan terjadi masalah pada sisitem ABS (Anti Lock Brake System).

Indikator Mesin
Ketika lampu indikator berbentuk gambar mesin tersebut menyala dan kendaraan tidak dapat di starter, maka terdeteksi ada masalah pada ruang mesin. Segera kontak layanan bengkel resmi kendaraan Anda.[Pra/timBX]