MENU
icon label
image label
blacklogo

Sekilas tentang Mitsubishi Delica D:5 yang akan kembali ke pentas IIMS 2014

SEP 17, 2014@12:30 WIB | 3,134 Views

Ada yang menarik setelah sesi tanya jawab media dengan Mr. Osama Masuko, Chairman & CEO Mitsubishi Motor Corporation, Selasa (16/9). Sesi foto bersama bos besar Mitsubishi tersebut dilakukan di area outdoor markas PT. KTB dengan background mobil MPV, Mitsubishi Delica.

Yups, Mitsubishi Delica akan kembali ke pentas Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 setelah 4 tahun lalu mobil ini tampil di ajang yang sama yaitu IIMS 2010. MPV ini diprediksi akan menjadi pesaing ketat seperti MPV premium lain sekelas Toyota NAV1, Nissan Serena, Mazda Biante, ataupun Honda Odyssey.

Cikal bakal Delica D:5 yang merupakan generasi ketujuh ini dimulai dari 30 Oktober 2006. Saat itu Mitsubishi Motors mengumumkan bahwa generasi lanjutan dari monobox minivan akan disebut Delica D:5, berdasarkan prototipe Concept D-5 yang pertama kali dipamerkan di Tokyo Motor Show ke-39 tahun 2005.

Ini adalah kendaraan dengan delapan atau tujuh tempat duduk (pengamatan tim BX kemarin, bangku baris kedua model captain seat jadi hanya 2+2+3), yang memiliki sistem penggerak empat roda AWD dan transmisi continuously variable INVECS-III, digabung dengan mesin empat segaris 4B12 2.4 L MIVEC. Delica terbaru juga sudah dilengkapi sistem keamanan bodi RISE khas Mitsubishi. Di Jepang sendiri sudah tersedia versi mesin berkapasitas 2.0-liter.

Pada Januari 2013, Mitsubishi sudah merilis Delica D:5 bermesin diesel. Model ini datang dengan mesin diesel berkapasitas 2,2 L 4-silinder turbo baru (4N14) yang mampu menghasilkan tenaga 148 PS dan torsi 360 Nm. Mitsubishi mengklaim bahwa mesin 4N14 diesel baru ini handal pada putaran mesin rendah dengan akselerasi halus sampai putaran tinggi sekalipun. Dengan tekanan rendah dan temperatur dalam silinder, mesin mampu mencapai rasio kompresi rendah 14,9. Mitsubishi Delica D: 5 bermesin diesel memiliki konsumsi bahan bakar 13,6 km/L.

Secara konsep sebenarnya Mitsubishi Delica D-5 bukanlah pure MPV melaincan Crossover MPV, yakni penggabungan antara MPV dengan konsep SUV. Menarik untuk menunggu apa saja yang baru dan berbeda yang diberikan Mitsubishi untuk model ini di tanah air. Simak ulasan lengkap saat peluncuran resmi mobil ini besok di ajang IIMS 2014.[mot/timBX]

Tags :

#
Mitsubishi Delica D:5
#
Mitsubishi Delica
#
PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors
#
Mitsubishi
#
Toyota NAV1
#
Nissan Serena
#
Mazda Biante
#
Honda Odyssey