MENU
icon label
image label
blacklogo

Transwall, Layar Sentuh Transparan Dua Sisi

JUL 30, 2014@11:00 WIB | 635 Views

Mungkin kita sering melihat di berbagai film bergenre sci-fi, karakter menggunakan layar sentuh transparan sebagai media presentasi. Sejauh ini konsep tersebut memang masih dalam imajinasi dalam penerapan, para peneliti dari Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) bahkan mengambil konsep yang jauh lebih canggih. Bukan hanya menghadirkan layar transparant, tapi mereka membuat layar sentuh yang dapat menerima perintah dan menampilkan konten dari dua arah.

Transwall, adalah layar sentuh transparan dua arah ini dibangun dalam bingkat berbentuk T yang menggabungkan dua proyektor Overhead-Mount, yang memproyeksikan gambar visual kedua sisi layar. Layar terdiri dari dua lembar Plexiglass dengan film holografik yang terletak diantaranya.

Ketika pengguna menyentuh salah satu atau kedua sisi plexiglass, lokasi dan gerakan jari akan terdeteksi oleh frame proyektor. Informasi pun dikirim ke komputer mengikuti perintah, gambar dilayar pun akan mengalami transisi sesuai yang diinstruksikan. Kedua pengguna di setiap sisi akan melihat objek gambar yang sama dan simetris bahkan dengan layar yang transparan, konten terlihat seolah tembus ke sisi yang lain.

Transwall bisa digunakan untuk berbagai aktivitas yang dilakukan oleh multipersonal. Transwall juga memiliki microphone yang dapat menghubungkan antar pengguna meskipun berada di ruangan berbeda. .[iam/timBX]

Berikut Cuplikan Videonya :

Tags :

#
Transwall
#
Layar Sentuh Transparan
#
Korea Advanced Institute of Science and Technology

RELATED ARTICLE