MENU
icon label
image label
blacklogo

Standford University Kembangkan Baterai Aluminium Performa Charge Kilat

APR 07, 2015@19:30 WIB | 1,390 Views

Bayangkan bila Anda bisa mengisi ulang baterai ponsel Anda hanya dalam satu menit, peneliti Stanford University sedang mengerjakan penemuan terbaru mengisi ulang baterai alumunium lebih cepat dan dengan biaya produksi lebih murah. Tampaknya inilah baterai yang sempurna untuk semua smartphone dan tidak seperti baterai lithium-ion, yang dapat meledak dalam keadaan tertentu, baterai Stanford ini tidak akan meledak bahkan jika Anda menusuknya menggunakan bor.

Profesor Hongjie Dai dari Stanford University telah mengerjakan baterai aluminium-ion bersama dengan beberapa rekan-rekannya, di mana baterai ini terdiri dari dua elektroda, salah satunya adalah katoda bermuatan positif sedangkan yang lain adalah anoda bermuatan negatif terbuat dari aluminium. Sel ini menggabungkan aluminium anoda dan katoda grafit, bersama dengan cairan elektrolit ionik, di dalam kantong berlapis polimer fleksibel.

Istimewanya lagi, saat diuji, sel-sel aluminium-ion dapat melalui lebih dari 7500 siklus pengisian daya tanpa kehilangan performanya, tidak seperti baterai Lithium-ion yang hanya mampu bertahan maksimal dalam 1000 kali siklus pengisian daya. Terlebih lagi dengan waktu pengisian yang kilat, membuat penghematan waktu yang lebih efisien.

Sayangnya hingga kini ada masalah yang belum terpecahkan yakni baterai ini belum dapat menyamai kekuatan tegangan dari lithium, namun Dai optimis dapat menemukan jalan keluarnya segera dan mewujudkannya. Penasaran? Anda dapat menyimak videonya di bawah. [leo/timBX]

Tags :

#
Charge Kilat
#
Baterai Aluminium

RELATED ARTICLE