MENU
icon label
image label
blacklogo

Peneliti Kembangkan Panel Surya Tembus Pandang Bisa Dipasang di Layar Smartphone

AUG 12, 2015@17:16 WIB | 740 Views

Jendela dibuat untuk alasan yang jelas yakni setidaknya untuk dua hal yakni agar cahaya matahari dapat masuk dan udara juga dapat bersirkulasi. Namun kini gedung-gedung bertingkat memiliki jendela-jendela yang tidak dapat dibuka karena sirkulasi telah diatur oleh AC. Bahkan kadang hampir seluruh gedung tertutup oleh kaca jendela.
 
Keadaan ini dapat dimanfaatkan untuk menangkap sinar matahari jadi energi dengan menjadikan jendela jadi panel penerima tenaga surya. Peneliti dari Michigan State University sedang mengembangkan panel penyerap tenaga surya yang tembus pandang sehingga dapat merubah setiap jendela apapun bahkan lapisan kaca apapun jadi solar panel.
 
Solar cell ini akan berbeda dengan solar cell transparan yang sudah ada buatan Toshiba, karena produk ini benar-benar tembus pandang. Richard Lunt, pimpinan penelitian ini percaya bahwa solar panel ini dapat diaplikasikan dengan mudah serta efisien, tidak hanya bangunan saja yang bisa dipasangkan panel ini namun juga layar perangkat mobile. Saat ini efisiensi ini masih dalam kisaran 1% namun peneliti percaya bahwa angka ini dapat dikembangkan hingga 5%. [leo/timBX]

 

Tags :

#
Panel Surya Tembus Pandang
#
Smartphone