MENU
icon label
image label
blacklogo

Panel Surya Kirigami Hadirkan Serapan Daya Matahari Sempurna

SEP 10, 2015@22:00 WIB | 736 Views

Bila kita ingat pelajaran ilmu alam waktu kita kecil dahulu, kita belajar bahwa Bumi kita ini berputar mengelilingi Matahari. Nah, oleh sebab itu bila kita memanfaatkan panel surya, tidak banyak waktu yang tersedia untuk kita dapat menyerap dayanya dalam satu hari. Posisi Matahari yang terus bergeser juga mempersempit kesempatan panel surya untuk menyerap daya.

Dahulu untuk mennyiasati ini pengguna meng-install motor pada panel surya ini yang dapat mengikuti gerak matahari. Peneliti di Universitas Michigan solusi yang lebih efektif dan juga lebih ringan. Berbasis seni potong kertas Kirigami asal Jepang, desain ini menjadi model yang ideal bagi yang membutuhkannya.

Melihat bentuknya, panel surya ini tidak seperti panel surya kebanyakan, panel surya ini berbentuk melengkung dengan lembaran tipis berbahan plastik Kapton yang dipermukaannya terdapat sel surya. Cell ini dapat diletakkan di bawah panel photovoltaic, sehingga ia tidak perlu menghadap langsung ke matahari.

Menurut Associate Professor Max Shtein, konsep ini sangat potensial dan pihaknya berharap untuk secara aktif mewujudkan produk ini agar menjadi nyata. Tentunya teknologi ini dapat mengurangi beban listrik konvensional dan dunia dapat beralih ke energi yang dapat diperbarui. [leo/timBX]

Tags :

#
Panel Surya Kirigami

RELATED ARTICLE