MENU
icon label
image label
blacklogo

MMC Outsiders Jakarta Berhasil Menyulap Binter Merzy Bergaya Heiwa Custom

FEB 27, 2014@00:00 WIB | 12,608 Views

Tak ada matinya! Mungkin ini kalimat yang bisa menggambarkan "sosok" Kawasaki Binter Merzy KZ200 yang memang banyak disuka penggila otomotif untuk dimodifikasi dengan style apapun. Eko, builder dari MMC Outsiders Jakarta menyulap tampilan motor keluaran tahun 1983 menjadi bergaya Heiwa custom, rumah modifikasi dari Jepang. Beberapa ciri yang melekat dari style Heiwa diataranya berupa tangki flat dan kecil serta wadah komponen kelistrikan di bawah jok memiliki bentuk yang unik. Umumnya motor yang dimodifikasi demikian yaitu motor dengan kapasitas silinder menengah dan kecil.

Ciri tersebut juga nampak pada motor milik Axunk, kapasitas mesin Binter 200 cc sudah masuk dalam kategori menegah. Kemudian aroma Jepang berasa dari rangka yang menganut model rangka samurai. Semua hasil custom buatan sang builder. Kemudian nampak ciri selanjutnya pada tangki. Bentuk mungil dengan permukaan cekung di sisi sampingnya menguatkan kesan Heiwa. Pada bagian tangki juga dibalut dengan gambar kartun berwujud anjing dan kambing yang merupakan zodiak dan shio sang owner. Komposisi warna biru pada rangka dan putih di bodinya cukup membuat penampilan sang Binter Heiwa menjadi tampak "centil".

Menuju pada ciri motor selanjutnya yakni boks komponen kelistrikan. Motor Axunk pun juga demikian. Eko membuat tabung dibagian bawah jok untuk mengamankan semua piranti kelistrikan. Kaki-kaki besar sudah pasti menjadi bagian dari motor custom yang satu ini. Velg 16x34.5 inci dijejali di bagian kaki-kaki dan dipasangkan dengan piranti karet Shinko berukuran 500-16 dikedua rodanya.

Suspensi depan telah dipensiunkan, agar lebih matching maka diapdopsilah shockbreaker milik Yamaha Byson. Shockbreaker belakang menyatu dnegan rangka rigid yang langsung menopang ke jok. Sayangnya, disc brake terlihat mungil, karena mengandalkan kepunyaan Yamaha Mio. Namun demikian tetap nyentrik dipandang.

Seluruh komponen telah mengalami custom alias modifikasi, yang tersisa dari pabrikan Binter itu sendiri hanyalah mesinnya saja. "Untuk seluruh komponene sudah di-custom dan yang tersisa hanyalah mesinnya. Kalau orang tanya motor ini bergaya apa? Tentu gue lebih suka menjawabnya, inilah style gue", urai Axunx disela berlangsungnya sesi foto.  

Melihat piranti lainnya terlihat pula parts aftermarket untuk menggantikan komponen asli yang tak terpakai. Diantaranya ada setang dan hand grip custom, serta spion, headlamp dan stoplamp. Hmm, makin ciamik Bro! [nus/timBX]

Spesifikasi :

Motor : Kawasaki Binter Merzy 1983
Velg : 16 x 34.5 inci, custom velg mobil
Ban : Shinko 500-16 (depan), Shinko 500-16 (belakang)
Suspensi : Yamaha Byson (depan)
Brake : Disc brake Yamaha Mio (depan)
Custom : Rangka, tromol, spakbor, tangki, knalpot