MENU
icon label
image label
blacklogo

Bedah BMW E46 WTCC Style Milik Lupromax

JUL 10, 2014@13:08 WIB | 17,621 Views

Modifikasi BMW E46

Lupromax terus berupaya untuk ikut serta secara aktif dalam memeriahkan kancah kejuaraan balap Nasional sejalan dengan salah satu visinya di dunia otomotif Indonesia. Seiring dengan hal tersebut beberapa mobil balapnya pun terus bertambah dan berkembang. Salah satunya yakni BMW E46 yang muncul di tahun ini dan sudah diuji coba dalam sejumlah kompetisi balap bertaraf Nasional 2014. BMW E46 "pegangan' sang joki bernama Titus W. Jopra ini hadir dengan tampilan WTCC style.

BMW ini memang sengaja disiapkan oleh Lupromax untuk "turun" diajang European Touring Car Championship Indonesia di kelas 3000cc yang digelar di sirkuit internasional Sentul, Jawa Barat. Jelas modifikasinya tak tanggun-tanggung, demi mengejar juara di setiap event balap yang diikutinya. Seperti apa modifikasi yang tertanam pada sedan berkelir dominasi biru dan kuning ini? BX.com mencoba untuk membedahnya secara singkat namun padat.

Modifikasi BMW E46

Bagian bodi eksterior menjadi bidikan awal yang menggoda pandangan mata saat melihat mobil ini disebuah bengkel kawasan Cinere, Jakarta Selatan. BMW Seri-3 ini dibalut dengan konsep bodi bertema World Touring Car Champsionship (WTCC). Model ini kami melihat masih cukup ideal untuk inspirasi modifikasi mobil harian. Pasalnya, penambahan bodikit yang notabene sudah lebih lebar dari aslinya tidak menghilangkan identitas asli dari BMW E46 tersebut. Bodi lebar tersebut memang ditujukan untuk menyesuaikan tapak ban yang lebih lebar. Tak hanya itu, untuk memperjelas tampilan WTCC-nya, pada bagian buritan juga nampak rear wing bertema WTCC.

Modifikasi BMW E46

Bagian kaki-kaki mengadopsi velg lansiran Advan Racing R18, dengan lebar 9 inci. Performa ban menggunakan GT Radial SX2 berukuran 265/18/35. Kinerja bagian tersebut ditunjang dengan KW competition 3way, handling pun makin sempurna saat dipacu di area lintasan balap. Pada sektor bagian bawah tersebut, kami juga melihat adanya penggunaan rem Stoptech berkaliper 6 pot di bagian depan. Sedangkan belakangnya dipercayakan pada perangkat OEM BMW M3.

Berlanjut ke sektor interior, di sini terlihat racing bucket dari Sparco, dilengkapi perangkat sfatey untuk sang joki kepunyaan Sparco pula dengan enam poin penguncinya. Lainnya yang menarik perhatian kami terdapat perangkat rollbar sudah dilengkapi dengan lisensi dari Sparco, serta adanya spion dalam Long Acre yang juga sudah memenuhi standar kompetisi. Sementara piranti penunjang balap lainnya yakni toggle switch dari Long Acre dan lingkar setir dari Momo. Bagian sasis belakang turut dikunci dengan strut bar AKE Racing Dyanmic.

Modifikasi BMW E46

Membuka kap mesin tidak terlalu nampak perangkat balap yang menonjol. Hanya saja menurut pengakuan dari Gusti Anom, yang juga salah satu tim balap Lupromax, mesinnya mengadopsi M3 S54 B32, dengan six throttle, semburan tenaganya mencapai 350 horsepower. Ubahan alias modifikasi lainnya ada pula ECU stand alone dari Motec. Sistem udara yang diandalkan pada mesinnya ini menggunakan open filter K&N. Tak heran sejumlah catatan prestasi berhasil diraih, Juara 1 ETCC 3000 Intermediate pada event Supporing Race Blancpain Lamborghini Trafeo, serta Juara 3 ETCC 3000 Super Fifty. [nus/timBX]  

Modifikasi BMW E46

Spesifikasi

Mobil : BMW E46 Seri-3
Eksterior : Body kit WTCC style, rear wing WTCC
Interior : Racing bucket Sparco, racing harness 6 point 3 inci Sparco, setir Momo, short shifter M3, spion dalam Long Acre, toggle switch Long Acre
Mesin : M3 S54 B32, six throttle, ECU stand alone Motec, open filter K&N, tenaga mencapai 350 horsepower
Velg : Advan Racing R18 lebar 9 inci
Ban : GT radial SX2 265/18/35
Suspensi : KW Competition 3 way
Rem : Stoptech 6 pot (depan), OEM BMW M3 2 pot (belakang)