MENU
icon label
image label
blacklogo

Test Drive New Mazda CX-5 GT - Penegasan KODO Design

OCT 16, 2015@12:33 WIB | 14,365 Views

Ketika berbicara tentang panasnya persaingan di segmen SUV, maka Mazda CX-5 tak bisa dilewati. Dengan beragam senjata pamungkas yang dimilikinya, Mazda CX-5 bahkan sanggup menekuk kompetiornya yang sudah lebih dulu berkiprah di Indonesia.

Muncul pertama kali pada Mei 2012, cukup bagi PT Mazda Motor Indonesia (MMI) untuk menyegarkan kembali penampilan SUV berteknologi SKYACTIV Cassis itu tahun ini. Menariknya, ternyata bukan cuma parasnya yang dipermak tapi juga tingkat kenyamanan ikut meningkat.

Desainnya masih tetap menganut KODO - Soul of Motion dengan garis dan lekuk-lekuk yang mengalir ritmis. Tetapi New Mazda CX-5 kini pakai grill baru. Bentuknya lima bilah horizontal black gloss finishing menggantikan model sebelumnya yang berbentuk honey comb. Model horizontal pada grill ini juga diterapkan untuk desain bezel foglamp.

Grill hitam kemudian dipermanis dengan aksen chrome yang dibuat seakan menyatu dengan lampu utama yang pakai Daytime Running Light (DRL) baru dengan model setengah lingkaran seperti New Mazda2. DRL menggunakan LED yang mirip bola mata itu diterapkan juga pada lampu bagian belakang.

Sementara di samping, New Mazda CX-5 kini pakai velg desain baru berdiameter 19 inci berbalut ban Toyo Proxes ukuran 225/55. Di belakang juga dituntaskan dengan aplikasi dual tip muffler yang membuatnya makin terlihat berotot.

Unit New Mazda CX-5 yang kami uji kali ini merupakan tipe Grand Touring. Sebagai varian flagship, lebih banyak fitur yang telah dibenamkan sebagai penambah kenyamanan baik bagi pengemudi maupun penumpang belakang. Desain jok depan dan belakang kini dibentuk lebih nyaman menopang tubuh, terlebih lagi kini jok dibalut warna hitam premium yang mengentalkan nuasa mewah. Fitur tambahan lainnya yaitu keberadaan MZD Connect pada monitor 7 inci seperti yang ada di New Mazda2, serta electric parking brake.

Diluar tambahan itu, New Mazda CX-5 tetaplah SUV yang nikmat untuk dikendaraai dan berlama-lama di dalamnya. Mesin SKYACTIV-G 2.5-liter yang diusungnya masih memberikan akselerasi agresif di setiap rpm. Kompresi mesin 13.0:1 dikombinasikan dengan teknologi direct injection memungkinkan bahan bakar untuk disemprotkan langsung ke dalam ruang bakar sehingga menghasilkan output tenaga yang besar pada setiap kondisi.

Penggunaan Electric Power Assist Steering (EPAS) juga masih sanggup menghasilkan pengendalian presisi. Namun rupanya Mazda melakukan rancang ulang di bagian suspensi tipe strut depan dan multi-link belakang sehingga suspensi terasa sedikit lebih lembut dibanding CX-5 sebelumnya.

SKYACTIV-DRIVE pada transmisi otomatis enam percepatannya juga maih terasa sigap berpindah. Mencapai kecepatan 100 km/jam bukan perkara sulit bagi SUV berbobot 1.568 kg itu. Mau lebih agresif, maka pengendara disajikan mode Sport melalui tuas Drive Selection Mode yang disediakan di samping tuas transmisi.

Tampil lebih dinamis dengan beberapa unsur lebih sporti namun mempertahankan kemampuannya tentu akan membuat New Mazda CX-5 jadi daya tarik lebih di kelasnya. [Pra/timBX]

Spesifikasi
Mesin : SKYACTIV-G 2.5-liter
Kapasitas : 2.488 cc
Sistem Pasokan Bahan Bakar : Electronically Controlled Direct Injection
Tenaga Maksimum : 187 hp / 5.700 rpm
Torsi Maksimum : 250 Nm / 3.250 rpm
Transmisi : 6-speed automatic
Sistem Penggerak Roda : front wheel drive
Bahan Bakar : gasoline
Kapasitas Tangki : 56 liter
Panjang : 4.540 mm
Lebar : 1.840 mm
Tinggi : 1.710 mm
Sumbu Roda : 2.700 mm
Suspensi Depan : SKYACTIV-CHASSIS Independent MacPherson
Suspensi Belakang : SKYACTIV-CHASSIS Independent Multi-link
Ban Depan : 225/55 R19
Ban Belakang : 225/55 R19
Fitur lain : LED DRL, Sunroof, Smart Key with Immobilizer, Push Start/Stop Engine button, MZD Connect, Parking Camera, Front & Rear Sensor, Cruise Control, Electric Parking Brake, 7 inch touch screen monitor, Bose 9 speaker, Dual SRS Airbags, ABS, EBD, Dynamic Stability Control, Traction Control, Hill Launch Assist, Lane-keep Assist System, Lane Departure Warning, Smart City Brake Support, Blind Spot Monitoring.
Harga : Rp 497,2 juta on the road Jakarta (warna Soul Red tambah Rp 3 juta)

Tags :

#
closer look automotive
#
new mazda cx-5
#
mazda cx-5
#
test drive mazda cx-5
#
spesifikasi dan harga mazda cx-5