MENU
icon label
image label
blacklogo

Setting Audio Standar Peugeot 3008 Dengan Dominan Vocal

JUN 15, 2012@09:39 WIB | 1,729 Views

Kehadiran Peugeot 3008 di tanah air oleh PT Astra Peugeot Sales selaku Agen Pemegang Merek (APM) Peugeot di Indonesia boleh dinilai sebagai langkah tepat. Crossover yang dibawa langsung dari tempat perakitannya di Sochaux, Prancis, ini memang punya magnet tersendiri yang bisa menarik bagi konsumen disamping karena penampilan yang tak jauh berbeda dengan model yang dipasarkan di Eropa. Belum lama ini tim blackxperience.com diberi kesempatan untuk merasakan langsung Peugeot 3008 namun, kali ini kami lebih memfokuskan pada pengetesan sistem audio standar milik 3008. Dibantu oleh Hengky Darmawan dari Optimus Autosound, akan mencoba menjelaskan secara singkat mengenai Audio standar dan cara setting audio besutan pabrikan Perancis ini agar menghasilkan suara yang lebih baik.

Langsung ke bagian head unit Peugeot 3008, dilihat dari desain serta fitur-fitur yang ditawarkan tampak jelas sekali kalau "jantung" dari audio ini kental akan selera Eropa. Dengan letak head unit yang menyatu dengan konsol tengah membuat tampilannya semakin menarik dan sedikit memberikan kesan berbeda dibanding produk lainnya. Head unit model "celengan" ini dilengkapi oleh fitur-fitur sederhana seperti Automatic Volume, Equalizer, Loudness Correction, Radio dan lain-lain ditambah layar kecil (display) berukuran 12 cm X 4 cm yang bisa dibilang cukup untuk mengakomodir keterangan-keterangan yang dibutuhkan seperti suhu udara diluar mobil, jarak tempuh, kondisi bahan bakar, play list dan sebagainya.

Nah, sekarang masuk ke urusan pengetesan audio, pada kesempatan ini Hengky melakukan pengetesan audio dengan format lagu berirama dominan vocal yaitu lagu Andaikan Kau Datang Kembali yang dinyanyikan oleh Ruth Sahanaya. Pada tahap awal pengetesan audio posisi Equalizer berada di None, sedangkan kekuatan suara di speaker depan dan belakang (balance) berada di angka 0 atau posisinya berada di tengah begitu juga dengan setelan treble dan bass. Dalam kondisi semua setelan standar, suara yang dihasilkan bisa diandalkan artinya cukup baik.

"Lagu-lagu yang dominan vocal head unit ini dengan perangkat cukup memadai sekali vocalnya terasa jelas, terus kualitas dari pada tweetter bisa menyeimbangi dari suara vocal tersebut. Suaranya kental dengan nuansa bass dikarenakan mungkin kabinnya yang cukup memadai dengan keadaan dashboard yang solid dan kuat terus juga speaker placement yang memang angle itu mengarah ke penumpang. Suara dari tweetter cukup lembut karena dibuat mendatar dengan dashboard," jelas Hengky.

Masuk tahap berikutnya, posisi Equalizer masih belum berubah, sementara posisi angka bass dan treble akan mengalami penambahan guna mencari angka yang tepat untuk hasil suara terbaik. Setelah diselami ternyata posisi bass baiknya ditambah sampai angka atau bar 3 sedangkan treble diposisi bar 4.

"Pada saat di fitur None tadi jika penumpang merasa kekurangan bass atau kekurangan treble atau bahkan kekurangan nuansa vocal kita bisa menyesuaikan lewat bass-nya kita bisa tambah dan untuk treble juga bisa ditambah. Kalau seandainya lagu dalam nuansa vocal atau lebih kepada Sound Quality (SQ) kalau menurut saya sih lebih baik menambahkan suara bass sedikit mungkin bisa di bar 2 atau 3, dibar 2 lah maksimal kalau mau sedikit ekstrim mungkin ya dibar 3, cuma kalau mau masuk ke bar 3 rasanya agak kotor-kotor sedikit jadi tidak disarankan untuk berlebihan. ya maksimal di bar 3 di bar 2 masih terlalu terdengar agak light, dibar 3 lebih oke. Untuk treblenya bisa di bar 4 atau 5, setelah saya dengar penyetelan diatas angka 4 sudah mulai agak sedikit teriak ya untuk treble cuma over all bass-nya memang bisa menutupi suara tweetter." jelas Hengky. [san/timBX]

Spesifikasi Peugeot 3008 :

Mesin : EP6CDT Turbo, 1.598 cc.
Power : 156 hp / 5.800 rpm.
Torsi : 240 Nm / 1.400 rpm.
Transmisi : Otomatis Gearbox 6 Speed.
P x L x T : 4,365 X 1,836 X 1,639 mm
Ban dan velg : 225 / 50 dan R17 V, Alloy.
Suspensi Depan/Belakang : Independent Mac Pherson, built-in coil spring and integrated hydraulic shock absorbers./ ndependent trailed arm, built-in coil spring, hydraulic shock absorbers, and active roll control.
Audio : RD4/MP3 CD Audio System, Bluetooth phone & audio connector
Fitur-fitur Unggulan : Air bags, Aux Audio Connector, Electronic Parking Brake, Leather seat, Emergency Torch, Split Tailgate, Rain Sensor, Electronic Stability Programme (ESP), Anti-lock Brake System (ABS), Electronic Brake Force Distribution (EBD), Emergency Brake Assist (EBA), Automatic Electronic Parking Brake (EPB), LED high mount stop lamp, Engine immobiliser ADC 2 R.

Tags :

#
closer look automotive
#
peugeot
#
peugeot 3008