MENU
icon label
image label
blacklogo

Review Alfa Romeo Giulietta When Style MIX Technology

JAN 23, 2015@12:22 WIB | 14,632 Views

Brand Alfa Romeo sudah memiliki sejarah panjang di hati para penggemar otomotif dunia, tak terkecuali di negeri ini. Maka berbahagialah penggemar Alfa Romeo ketika PT Garansindo Inter Global kembali memboyong merek legendaris otomotif asal Italia itu pada pertengahan tahun lalu.

Sedikit kilas balik tentang sejarah Alfa Romeo, ini merupakan merek kendaraan luxury dari Italia. Alfa Romeo didirikan oleh Alexandre Darracq pada akhir 1909 dan pada 24 Juni 1910 merek ini diresmikan. Setahun kemudian perusahaan yang berpusat di Milan itu sudah memproduksi mobil balap. Baru pada 1986 Alfa Romeo bergabung dengan Fiat Group Automobiles S.p.A

Di akhir 2009, Alfa Romeo Giulietta mulai diproduksi untuk selanjutnya di Maret 2010 small family car ini mulai diperkenalkan untuk umum di Geneva Motor Show. Hadir cuma dengan model hatchback 5-doors, Alfa Romeo Giulietta pernah menyabet penghargaan European Car of the Year pada 2011. Alfa Romeo juga pernah menggandeng aktris Uma Thurman untuk menjadi model Giulietta.

Masuk ke Indonesia bertepatan dengan dihelatnya ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014, Alfa Romeo Giulietta jelas menawarkan satu konsep hatchback premium yang berbeda. Aura kemewahan khas mobil-mobil Eropa terpancar kuat, namun diselingi dengan keinginan mempertahankan desain vintage dari Alfa Romeo.

Secara dimensi, Giulietta mirip dengan Mercedes-Benz A-Class. Panjangnya 4.351mm, lebar 1.798mm, dan tinggi 1.465mm. Bandingkan dengan A-Class, Giulietta lebih panjang 59mm, lebih ramping 224mm, dan lebih tinggi 32mm. Namun siluet desain bertema Pure Dynamism membuat bentuk tubuh Giulietta terlihat lebih membulat dibanding A-Class yang hadir dengan bentuk yang memiliki sudut-sudut tegas.

Grill depan berbentuk V dengan aksen lima garis horizontal yang kesemuanya dilapis chrome tetap menjadi ciri khas Giulietta seperti halnya model-model Alfa Romeo lain dari masa ke masa. Sentuhan modern selain pada bentuk keseluruhan bodi juga dituangkan melalui beberapa detil part eksterior.

Misalnya saja lampu depan selain sudah menganut model projector juga sudah dilengkapi dengan Day time Running Light (DRL) menggunakan LED. Lampu model LED juga digunakan untuk rearlamp yang melebar hingga ke area pintu bagasi belakang.

Kesan modern dan mewah lainnya akan ditemui ketika Anda masuk ke bagian ruang kabin. Hampir seluruh material interior tertutp bahan kulit. Untuk jok dan sebagian dashboard digunakan warna cokelat terang, sementara lingkar kemudi dan gear knop dipilih warna hitam dengan jahitan merah yang kontras.

Layout dashboard mencuatkan indentitas jika mobil ini bukan sekedar hatchback keluarga kecil, tetapi sanggup dibawa kebut. Hal ini teridentifikasi dari keberadaan panel indicator yang menunjukkan angka 260 km/jam serta putaran mesin yang menyentuh angka maksimal 8.000 rpm. Angka-angka itu jelas sejalan dengan kemampuan mesin 1.4-liter MultiAir Turbo dengan tenaga maksimal 170 hp dengan torsi 250 Nm.

Selain itu Giulietta dijuga dilengkapi dengan tuas paddle shift yang menjadi kesukaan para pengemudi yang menginginkan tenaga maksimal di putaran mesin optimal dengan pengaturan posisi gigi sesuai kemauan para pengendaranya.

Hal lain yang jadi kelebihan Alfa Romeo Giulietta yakni keberadaan tiga opsi berkendara yakni D, N, dan A. "D" berarti Dynamic, yang memungkinkan penegmudi mendapatkan putaran mesin lebih responsif, perpindahan gear lebih cepat dan handling lebih presisi. Mode "N" berarti Natural yakni penyesuaian untuk pengendaraan di tengah kota sehingga komputer pada mesin akan mengatur sehingga didapat konsumsi bahan bakar seefisien mungkin. Terakhir mode "A" yang artinya ALL WEATHER. Mode ini sangat tepat digunakan ketika cuaca buruk sehingga komputer akan selalu menjaga traksi ban.

Pihak PT Garansindo Inter Global juga menjelaskan, unit Alfa Romeo Giulietta yang akan di kirim ke konsumen sudha dilengkapi pula dengan atap berfitur sun roof, serta audio system dengan layar monitor 5 inci serta speaker Bose. [Pra/timBX]

Spesifikasi :
Mesin : 1.4-liter Twinturbo
Kapasitas : 1.368cc
Sistem Penggerak : front wheel drive
Rasio Kompresi : 10.0 : 1
Max. Power : 170 hp / 5.500 rpm
Max Torque : 250 Nm / 2.500 rpm
Transmisi : 6-Speed Automatic
Bahan Bakar : gasoline
Kapasitas Tangki : 60 liter
Panjang : 4.351 mm
Lebar : 1.798 mm
Tinggi : 1.465 mm
Sumbu Roda : 2.634 mm
Suspensi Depan : Advanced MacPherson with aluminium knuckle, hollow anti-roll bar
Suspensi Belakang : Multilink with auxiliary frame and aluminium wishbone, anti roll bar
Ban Depan : 225/45 R17
Ban Belakang : 225/45 R17
Harga : Rp 529 off the road Jakarta

Tags :

#
closer look automotive
#
automotive
#
alfa romeo giulietta
#
alfa romeo
#
pt garansindo inter global