MENU
icon label
image label
blacklogo

Aplikasi Android Informatif Penyambut Bulan Ramadhan dan Mudik

JUL 09, 2014@11:19 WIB | 2,212 Views

Lebaran memang kental kaitannya dengan mudik atau pulang kampung. Biasanya kegiatan ini dilakukan mulai dari 1 minggu sebelum Idul Fitri hingga saat Idul Fitri, tapi tidak jarang pemudik yang melakukannya jauh hari. Entah waktu manapun yang dipilih, suasana pulang kampung dapat menghadirkan kesulitan-kesulitan tersendiri bagi pemudik.

Sebut saja kondisi fisik pemudik, kondisi kendaraan pemudik, macet berjangka waktu panjang, penyesuaian jalur, dan sebagainya yang dapat menimbulkan halangan yang mengganggu perjalan pemudik ke tujuan. Guna meminimalisir hal-hal ini, pemudik yang memiliki perangkat ponsel pintar atau tablet dapat memanfaatkan sejumlah aplikasi yang dikembangkan berbagai pihak termasuk operator seluler, pengembang aplikasi, vendor mobil, bahkan instansi kepolisian. Berikut ini ada 2 aplikasi Android yang berhasil dirangkum tim Closer Look BlackXperience guna memperlancar menjalani Ramadhan dan kegiatan mudik.  

TMC Polda Metro

Sejatinya aplikasi ini tadinya terbatas untuk beberapa wilayah saja namun lambat laun aplikasi Traffic Management Control ini juga berkembang untuk daeah-daerah lain sehingga cukup dapat membantu untuk pemudik.

Aplikasi besutan Polda Metro ini memiliki interface yang sangat sederhana dengan tombol-tombol yang mewakili masing-masing fiturnya. Walau kurang menarik namun aplikasi ini cukup jelas dan mudah digunakan.
 

Dapat dilihat dari tab yang terdapat di bagian bawah, aplikasi ini menyediakan berbagai infomasi secara umum seperti, lokasi Kantor Polisi, lokasi Pelayanan SIM, lokasi pelayanan STNK, Kejadian Penting, Twitter TMC, dan juga CCTV.

Pada lokasi Kantor Polisi di sini pemudik dapat mengetahui lokasi kantor polisi lewat alamat maupun fitur peta, sayangnya saat ini lokasi kantor polisi hanya tersedia untuk daerah Jakarta, Banten, dan Jawa Barat saja. Serupa dengan lokasi Kantor Polisi, fitur informasi lokasi pelayanan SIM dan STNK juga memberikan detail alamat serta lokasi tempat-tempat tersebut dalam peta. Lagi-lagi lokasi masih terbatas untuk daerah DKI Jakarta dan Banten.

Sedangkan fitur Twitter berisi seluruh informasi cepat yang terbit di Twitter resmi TMC POLDA METRO dan NTMC KORLANTAS POLRI yang tentunya dapat membantu pemudik dalam memantau lalu lintas pemudik sehingga memudahkan dalam memilih jalan Terakhir, melalui fitur CCTV pemudik dapat turut memantau keadaan lalu lintas via CCTV KORLANTAS dan JASAMARGA dalam bentuk gamabr maupun video yang tersebar di berbagai daerah di Nusantara termasuk DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, DI Yogyakarta, Bali, Lampung, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, dan sebagainya.

Telkomsel Siaga

Bila tadi Polda Metro memberikan infomasi seputar lalu lintas dan pantauan lapangan, Telkomsel Siaga Hadir dengan fitur yang melengkapi aplikasi TMC. Aplikasi Siaga dari operator terbesar di Indonesia ini memiliki antarmuka ceria dan menarik dengan side-bar yang dapat ditarik keluar-masuk, dimana dibagian seluruh layar terpampang informasi yang sudah dipilih untuk ditampilkan.
 

Secara umum aplikasi ini memiliki fitur sebagai berikut Ramadhan, Promo Siaga Ramadhan, Bengkel Siaga, Peta Mudik, dan Berita Mudik. Seluruh fitur ini berisi informasi bulan puasa sekaligus mudik. Fitur Ramadhan Telkomsel Siaga menyimpan informasi yang terbilang lengkap. Didalam fitur Ramadhan pemudik dapat mengetahui Jadwal Imsakiyah, Jadwal ceramah Tarawih, Mutiara Hadist, Tausyiah, Puasa dan Kesehatan, Tanya Jawab Puasa, Ensiklopedia, Ramadhan Untuk Anak, dan Dengar Tausyiah.
 

Promo Siaga Ramadhan adalah fitur promosi dari Telkomsel yang berisi Paket Donasi Ramadhan, Paket Special Ramadhan, Transfer Pulsa, Promo Mercant, Promo Bundling, dan Gratis Asuransi. Dengan fitur-fitur ini pengguna dapat membeli paket kartu Telkomsel telepon, SMS, maupun data internet. Pengguna juga dapat mentransfer pulsa ke nomor Telkomsel lain, serta melihat promosi bundling ponsel dengan kartu Telkomsel yang tentunya dibanderol harga spesial, dan sebagainya.
 

Pada fitur Bengkel Siaga Telkomsel Menawarkan informasi bengkel yang tersedia dari sejumlah ATPM kendaraan yang tersebar di hampir seluruh Indonesia termasuk Isuzu, Nissan, Toyota, Mitsubishi, Mazda, dan Honda. Selain itu dalam fitur ini juga terdapat informasi pos-pos mudik yang didirikan ATPM kendaraan bermotor guna membantu pemudik-pemudik yang ingin beristirahat, refreshing, terutama yang bermasalah dengan kendaraannya. Terakhir, Telkomsel juga menawarkan informasi promo dari ATPM yang berisi diskon paket servis, sparepart, dan sebagainya bagi pemudik yang ingin menyiapkan kendaraannya untuk mudik.
 

Pada fitur Peta Mudik pemudik dapat mengetahui informasi lokasi-lokasi penting seperti Tempat Wisata, Rumah Makan, Rest Area, Masjid, ATM, SPBU, Mini Market, dsb dalam bentuk peta yang dapat dijelajah.
 

Terakhir, pemudik dapat menyimak mengenai berita mudik yang dilaporkan oleh beberapa media, sehingga pemudik akan selalu terupdate dengan kondisi arus mudik Idul Fitri tahun ini. Aplikasi-aplikasi ini pada dasarnya hanya bersifat membantu dan tentunya akan berfungsi masksimal bila Anda sebagai pemudik benar-benar siap dalam melakukan aktifitas tahunan ini. Siapkan fisik, cek dan lakukan perawatan pada kendaraan, sediakan obat-obatan, konsumsi secukupnya, dan segala yang dibutuhkan dalam perjalanan. Lebaran masih hitungan minggu, tidak ada salahnya merencanakannya jauh-jauh hari agar tidak terburu-buru. Selamat Mudik! [leo/timBX]

Tags :

#
Apps Android Terabik
#
Apps Android
#
Android Apps
#
Aplikasi Mudik
#
Mudik
#
Android
#
Google Play store