MENU
icon label
image label
blacklogo

Indonesia Jimny Festival 2023, Catatkan Rekor MURI 465 Unit

JUN 19, 2023@09:42 WIB | 1,599 Views

Indonesia Jimny Festival 2023 menjadi arena ajang pembuktian bahwa gerakan Jimny Fashion Week, Jimny Daily akhirnya membuahkan hasil. Sebanyak 465 unit mobil Jimny dengan brand sejenis running di track, dan akhirnya mencatatkan Rekor MURI. Indonesia Jimny Festival 2023 terselenggara di Sirkuit International Sentul, Bogor pada 18 Juni 2023 lalu menjadi ajang pembuktian paling besar, sebuah komunitas mobil. Tim Blackxperience.com berhasil mengulas beberapa unit Jimny yang terbilang cukup rare. Seperti Suzuki Jimny SJ30, Suzuki Jimny LJ10 menjadi wakil dari 500 unit lebih Suzuki Jimny yang terkumpul dari generasi pertama hingga generai keempat Jimny JB74. Mereka hadir dari 12 provinsi selama 2 hari (17-18 Juni) di Sentul, Bogor, Jawa Barat. Sebuah pencapaian yang luar biasa, dan kedepan bisa menjadi momentum diselenggarakannya Jimny World Day, atau selevel dibawah Jimny Asian Week misalnya.

Dilepas Ketua Umum IMI Bambang Susetyo, Komisaris Indomobil Grup Subronto Laras dan Ronny Kusuma Ketua Penyelenggara Indonesia Jimny Festival 2023 (IJF2023). Event Akbar IJF2023 berhasil mencatatkan sejarah otomotif Indonesia yakni  menciptakan Rekor MURI Track Day  mobil satu jenis dan satu merek terbanyak di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, 18 Juni 2023. Event IJF2023 adalah bagian dari Kegiatan Offroad bersama Founder dalam rangka Tribute to Syamsir Alam dan Askar Kartiwa yang di dukung oleh Manajemen Sirkuit Internasional Sentul.

Saat menyaksikan pelaksanan prosesi menciptakan Rekor MURI, Bambang Soesatyo dan  Subronto Laras merasa kagum kepada penyelenggaraan IJF karena berhasil mengumpulkan lebih dari 500 pemilik Jimny dalam waktu 1 bulan. Saya mengenang kembali mobil Jimny Jangkrik nya dahulu  ketika muda ucap Bambang Soesatyo. Sementara Subronto Laras terkagum kagum melihat jimny SJ10  era 70an dengan mesin 2 tak  dalam kondisi restorasi yang sangat baik, bahkan ia sempat diajak mencoba keliling lokasi IJF.

465 mobil Jimny Generasi 1 hingga generasi 4  dari 12 Provinsi dilepas Bambang Soesatyo dan Subronto Laras  langsung melesat masuk Lintasan Sirkuit  Sentul  untuk menjalani prosesi penilaian dan verifikasi  dalam upaya menciptakan Rekor MURI, bahkan Direktur Utama Sirkuit Internasional Sentul Didi Hardianto ikut ambil bagian mengendarai Jimny bersama peserta IJF masuk Lintasan sebanyak 3 putaran.

Sebelum nya 15 mobil Jimny  dengan spesifikasi balap, lebih dahulu menjajal lintasan balap sebagai eksibisi sebanyak 3 putaran, kemudian dilanjutkan dengan ratusan Jimny menjajal lintasan Sirkuit Sentul yang bangun era 90an. 

Meski dalam kondisi cuaca yang terik panas, peserta IJF terlihat gembira melintas di Sirkuit Balap karena menjadi kali pertama dalam pengalaman hidup bisa mengendarai Jimny Masuk Sirkuit Internasional Sentul. 

Dihadapan peserta IJF, pihak MURI   menyampaikan hasil keputusannya  bahwa kegiatan Track Day yang dilakukan 465 mobil Jimny berhasil menciptakan Rekor  MURI baru khususnya  di dunia Otomotif Indonesia. Penghargaan diberikan kepada Event Indonesia Jimny Festival 2023,  kepada Pihak Sentul sebagai pendukung Lokasi Event dan kepada Media Berita Indonesia Link sebagai Penyelengara IJF2023.

Ronny Kusuma Ketua Penyelenggara IJF2023 dalam penutupan menyampaikan rasa haru dan terima kasih kepada semua  anggota panitia,   peserta IJF2023, kepada IOF Founder dan Sirkuit Internasional Sentul yang telah mendukung IJF hingga terwujudnya mimpi para Pemilik Mobil Jimny agar bisa mencoba lintasan  balap Sirkuit Sentul  dan  menciptakan Rekor MURI dengan Jimny . In Shaa Allah tahun 2024, IJF akan diselenggarakan  dengan jumlah peserta lebih banyak lagi,  lebih meriah dan terus mendukung hidupnya ekosistem Jimny .

Di hari yang sama di halaman parkir Tribun Sirkuit Sentul, Founder IOF melaksanakan Kegiatan mengenang berdirinya IOF dan jasa 2 tokoh Offroad Syamsir Alam dan Askar Kartiwa atas kontribusinya. Hadir dalam kegiatan tersebut mantan ketua IOF pertama Harry Irawadi, Mayjen TNI Mar (Purn) Djoko Pramono eks Ketua IOF, Jendral Polisi Roesmanhadi, IOF Founder, para Offroader Senior dan Nasional, serta  Keluarga Alm Syamsir Alam dan Askar Kartiwa.

"Terima kasih kepada  Suzuki, GT Radial, Bumame Associate Lawfirm, Belkote , Bank Mandiri dan  Lamban Garage serta kerjasama  30 Media Partner yang telah mendukung suksesnya pelaksanaan IJF 2023," tutup Ronny Kusuma, sampai jumpa di Indonesia Jimny Festival 2024.[Ahs/timBX]

Tags :

#
indonesia jimny festival 2023,
#
suzuki indonesia

RELATED ARTICLE

X