MENU
icon label
image label
blacklogo

Juara Black Innovation 2015 Angkat Piala, Ajang Berakhir, Inovasi Jalan Terus

MAR 02, 2016@17:00 WIB | 3,763 Views

Sebagai pungkasan dari ajang Black Innovation 2015 yang telah menghasilkan tiga juara inovator, hari ini, Rabu (2/3), ketiga juara tersebut didaulat untuk menerima penghargaan ide kreatif dan karya inovatifnya. Penghargaan ini disampaikan dalam ajang Bincang Media bertajuk "Inovasi untuk Indonesia" yang digagas BlackXperience.com.


 
Yulianto Hiu, inovator asal Kalimantan yang kini menetap di Yogyakarta menjadi salah satu pemenang dengan produk bernama Gantas alias gabungan antara Gantungan kunci dan Tas. Awal muncul ide ini menurut Yulianto "ide ini datang dari pengalaman aku berbelanja di mini market, yang terkesan selalu membuang-buang plastik untuk membawa belanjaan." Ternyata kepeduliannya pada lingkungan telah membawanya menjadi salah satu pemenang.

Lain lagi dengan Algi Ramdhan Pangestu, pemenang dengan inovasi yang ia beri nama MUFE. MUFE adalah sebuah alat unik yang dapat digunakan untuk menggantung berbagai macam barang seperti kunci, ponsel, dengan mekanisme jepit tanpa proses yang sulit. Setelah memenangkan ajang ini dan mendapat hadiah sebesar Rp. 20 juta, rencananya ia akan mengembangkan MUFE lebih lanjut dan menjadikannya produk masal. "Saya akan fokus mengerjakan MUFE dan membuatnya jadi komersial," ujarnya.


 
Begitu senang dan bangga produk inovasinya berhasil menang, pemenang ketiga, Haidir Furqoni agak berbeda dengan pemenang lain masalah visi dan misi kedepan usai jadi juara Black Innovation 2015, ia tidak berniat untuk mengembangkan "Setan Bolong" sendirian. Setan Bolong merupakan sebuah alat yang dipasang pada setrika mencegah permukaannya menyentuh pakaian saat tidak digunakan, sehingga tidak membuatnya bolong saat kita lupa mengangkatnya. Pada produknya ini, Haidir berencana untuk menggandeng pabrikan besar yang berniat mem-bundling produk setrikanya dengan aksesori Setan Bolong.


Ketiga inovator tersebut senada saat ditanya mengenai harapan ke depan ajang Black Innovation. Mereka ingin ajang ini terus berjalan agar kreatifitas anak muda Tanah Air terus terasah. Haidir, mewakili pemenang Black Inovation 2015 lainnya, mengatakan, "saya akan terus mencoba menciptakan produk inovatif yang berguna bagi masyarakat umum dan saya akan ikut lagi kalau tahun ini diadakan kembali, pengalaman yang membanggakan banget," tutupnya. [leo/timBX]

RELATED ARTICLE