MENU
icon label
image label
blacklogo

BlackInnovation 2016: SI POLANTAS, Lampu Lalu Lintas Portabel Solusi Atasi Kemacetan dan Kecelakaan

JAN 09, 2017@10:12 WIB | 384 Views

Saat ini jumlah pengguna kendaraan bermotor kian bertambah, namun fasilitas jalan untuk mendukung lancarnya laju transportasi masih belum memadai. Hal ini mengakibatkan berbagai permasalahan timbul sehingga membuat kacaunya laju transportasi seperti  matinya lampu lalu lintas, padatnya lalu lintas di persimpangan serta banyaknya pelanggaran lalu lintas. Untuk mendukung lancarnya lau lintas, tiga pemuda asal Jogjakarta menciptakan sebuah inovasi baru bernama SI POLANTAS (Smart Innovation Portable Online Lampu Lalu Lintas) dalam ajang BlackInnovation 2016. Inovasi ini berhasil mengantarkan tim SI POLANTAS yang beranggotakan Karna Siwantra, Alvian dan Ignatius melaju menjadi 30 semifinalis BlackInnovation 2016.

SI POLANTAS (Smart Innovation Portable Online Lampu Lalu Lintas) sendiri merupakan lampu lalu lintas portable yang memiliki mobilitas sehingga dapat dipindah-pindah sesuai dengan kebutuhan. Lampu lalu lintas ini juga terkoneksi dengan aplikasi smartphone, dimana smartphone berfungsi sebagai pengontrol dari timing lampu, kamera dan sensor gerak. Dengan demikian, pihak DISHUB maupun Kepolisian dapat melakukan traffic management dengan lebih mudah serta lebih aman.

“Lampu lalu lintas yang mati mendadak sering menimbulkan kemacetan bahkan kecelakaan, untuk itu kami menciptakan SI POLANTAS sebagai alternatif pengganti lampu lalu lintas yang dapat dipindahkan dengan mudah guna mengurangi kemacetan dan kecelakaan,” ujar tim SI POLANTAS kepada BlackXperience.com

Perangkat ini dapat menggantikan fungsi sementara dari lampu lalu lintas yang rusak, sehingga mencegah terjadinya kemacetan. Kemudahan pengoperasian alat ini juga mempercepat penanganan kemacetan. SI POLANTAS dilengkapi dengan sensor gerak dan kamera. Kamera akan aktif ketika sensor gerak mendeteksi adanya gerakan pengendara saat lampu merah. Hasil jepretan akan dikirimkan ke smartphone sehingga setidaknya plat nomor si pelanggar dapat diketahui oleh pihak Kepolisian.

SI POLANTAS juga dapat membantu kegiatan Kepolisian dan dinas terkait dalam mengatur lalu lintas melalui aplikasi smartphone. Dengan menempatkan SI POLANTAS, maka dapat mengurangi resiko kecelakaan dan tingkat pelanggran lalu lintas. Berminat dengan SI POLANTAS karya Karna Siwantra, Alvian dan Ignatius ? Silahkan vote disini. [Don/timBX]