MENU
icon label
image label
blacklogo

BlackInnovation 2016: Kontrol Power Plant Secara Real Time dan Hemat Biaya

JAN 10, 2017@08:00 WIB | 1,678 Views

Seiring tingginya tingkat kebutuhan suplai energi listrik untuk rumah tangga, industry, usaha komersial maupun fasilitas umum, Industri power plant juga mengalami pertumbuhan yang signifikan. Kinerja sebuah power plant diharapkan dalam kondisi optimal setiap saat agar suplai energi listrik untuk kebutuhan sehari-hari maupun industri tidak sering mengalami pemadaman. Agar kinerja sebuah power plant dalam kondisi optimal maka diperlukan sebuah alat yang yang mampu melakukan beberapa hal. Adapun hal tersebut diantaranya, pengendalian dan monitoring kondisi ruangan power plant serta mengontrol terhadap kinerja mesin power plant secara real time selama 24 jam.

Hal iniliah yang memicu seorang komedian bernama asli Harabdu bersama rekannya, para mahasiswa dari Universitas Trilogy, Jakarta untuk menciptakan  sebuah perangkat yang bernama Power Plant Control System (PPCS) di ajang BlackInnovation 2016 ini. Inovasi inilah yang membuat komedian yang akrab disapa Bedu dan rekannya dari Universitas Trilogy terpilih menjadi semi finalis BlackInnovation 2016.

Power Plant Control System (PPCS) sendiri merupakan sebuah perangkat yang terdiri dari hardware dan software yang dapat memantau kinerja Genset Power Plant. Untuk hardware-nya sendiri, Power Plant terdiri dari berbagai macam sensor yaitu sensor power logic, sensor arus, sensor tegangan, sensor temperature alat dan ruangan, sensor kelembaban udara, sensor magnetic switch, sensor level bahan bakar serta sensor Real Time Clock (RTC). Sensor tersebut berfungsi untuk menentukan waktu penggantian oli pelumas perangakat data logging GSM 4G M2M Remote Terminal Unit. Sementara Power Plant Control System (PPCS) didukung dengan aplikasi web base yang user friendly dan mudah digunakan.

Software PPCS ini mengusung tampilan dashboard yang simple dengan memiliki 3 tab yaitu peta, table dan grafik data analog. Pada tampilan dashboard tab peta Nampak noktah merah menunjukkan titik koordinat lokasi perangkat Power Plant Control System. PPCS dapat memonitoring Voltase (volt), Kuat Arus (Ampere), Daya (Watt), Watthour, level bahan bakar, waktu penggantian pelumas, suhu mesin , suhu ruangan serta kelembaban udara.

“Inovasi yang gue ciptakan ini dapat mengontrol kinerja power plant dimanapun dan kapanpun,” papar komedian yang akrab disapa Bedu kepada tim BlackXperience.com.

Dengan PPCS, Anda dapat memonitoring kinerja power plant secara real time selama 24 jam kapan saja dan dimana saja. PPCS ini juga akan membantu mengatasi permasalahan pasokan sumber energi listirk untuk rumah tangga maupun idustri khususnya di Indonesia.

“Produk ini akan membuat kinerja power plant lebih  efisien dan tentunya hemat biaya,” tutup Bedu. Jika Anda ingin melihat Bedu di babak selanjutnya, silahkan votedisini. [Don/timBX]

Tags :

#
blackinnovation 2016,
#
blackinnovation,
#
kontrol power plant,
#
power plant,
#
power plant control system