MENU
icon label
image label
blacklogo

BlackInnovation 2016 Buka Pintu ke Masa Depan Lewat Inovasi

SEP 21, 2016@22:20 WIB | 431 Views

Pada gelaran roadshow kota kedua BlackInnovation 2016 di Universitas Diponegoro, Semarang yang selenggarakan Rabu (21/9) pagi hari tadi, peserta merasa semangat tidak hanya karena dapat melihat beberapa produk hasil innovasi, namun juga pelajaran, dan pengalaman yang disampaikan pembicara pada sesi talkshow.

Sama dengan sebelumnya, talkshow kali ini menyematkan tajuk "Innovation as an Ability to Convert Ideas Into Values". Empat pembicara pun turut dihadirkan membawakan informasi, motivasi, serta berbagi pengalaman kepada pada peserta yang mayoritas adalah mahasiswa UNDIP dari berbagai jurusan.

Empat pembicara yang siap berbagi ilmu dan pengetahuan mengenai inovasi dan cara mewujudkannya ini termasuk Svasti Manggalia owner Svas Living sekaligus juri BlackInnovation 2016, Gisneo Pratala Putra konsultan teknologi dan internet of things, Arifin Bong sebagai perwakilan penyelenggara BlackInnovation 2016, dan Irsan Saputra, mentor teknis IBM BlackInnovation 2016.

Berbicara mengenai inovasi secara umum, Gisneo Pratala Putra menyampaikan bahwa, "inovasi itu terkait dengan technological thinking, ada fakta, masalah dan solusi, bagaimana caranya kita membuat sebuah hal berdasarkan dari fakta, masalah lalu mencari solusinya."

Inovasi juga terkait erat dengan kreatifitas untuk membuat sesuatu yang belum ada. Menurut Svasti Manggalia, "kreatifitas itu tidak mentok di ranah seni saja, tapi juga ke sisi kehidupan yang lain, intinya menemukan jalan keluar yang efisien dan efektif dari suatu masalah."

Dalam kaitan mewujudkan ide menjadi nyata, lebih lanjut Gisneo menjabarkan "ketika kita berinovasi, "fake it till you make it", yang artinya mulai dari hal yang sangat mendasar untuk merumuskan ide." Mulai dengan mencari masalah, dan mencari solusi yang mudah untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Lalu, apakah kreatifitas itu bisa dipelajari? Svasti menjawab "Bisa banget, aku percaya jika kita semua lahir sudah dibekali cretive thinking, dan itu semua natural, pikiran kita bebas, namun terkadang pikiran ini terhalang sosial judgement, sehingga pikiran kita terbatasi."

Jika ide sudah terkumpul, sudah terumuskan, kita tinggal mencari cara mewujudkannya, salah satunya adalah dengan bergabung dan mendaftarkan diri di BlackInnovation 2016, Indonesia's biggest innovation competition.  Idea, leads to innovation, and innovation leads to the future, "Ide menuntun kita ke inovasi, dan inovasi akan membawa kita ke masa depan." pungkas Gisneo. [leo/timBX]