MENU
icon label
image label
blacklogo

Yudi Wahyono, Yokz Industrial

OCT 17, 2016@13:53 WIB | 1,089 Views

One person trash is anothers eco friendly stylish treasure

Yudi Wahyono awalnya tidak menyangka bahwa kegemarannya menyulap barang bekas menjadi sesuatu yang berguna akan menjadi bisnis berkembang. Nama Yokz Industrial mulai merebak setelah barang dan jasa desainnya dipakai di beberapa sektor, seperti desain interior khusus rumah ataupun desain interior khusus area komersil.

Quote di atas dijadikan oleh Yudi sebagai identitas bisnisnya saat ini. Pria yang juga bekerja sebagai desain event tersebut memang tak pernah betah melihat barang bekas tergeletak begitu saja. Ia merasa telah berkontribusi besar jika berhasil mengubah barang bekas menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis dan memiliki fungsi.

Awalnya Yudi membuat beberapa furnitur khusus untuk rumah barunya di bilangan Bogor Selatan. Namun ketika beberapa rekannya datang untuk sekedar melihat, mereka pun kagum dan  karyanya mulai dibanjiri pujian.

Hingga saat ini, kelihaian Yudi membuat furnitur bergaya industrial mulai dikenal dari mulut ke mulut. Rata-rata pembelinya datang dari kalangan menengah ke atas. Pernah Yudi membuat desain untuk salon, apartemen, hingga kafe. Namun sayangnya, ia masih membatasi order karena jumlah barang bekas yang terbatas.

Bersama sang adik sebagai pengrajinnya, Yudi mengaku akan selalu memenuhi keinginan customer.

“Kalau ada customer minta dibikinin, kita selalu bilang bisa. Ya karena yakin pasti bisa,” tutur Yudi yang juga mengaku sering mendapat inspirasi dari gambar-gambar di Pinterest.

Proses produksi, lanjut Yudi, biasanya diawali dengan empat kali pengecatan, dempul, lapisan anti karat hingga finishing ke pewarnaan dari glossy hingga matte color.

“Kita juga biasanya quality check di bahannya, fungsinya bakal jadi apa, sampai misal ketahanannya,” jelas Yudi. Ia bahkan pernah melakukan tes pada produknya yang berupa bangku dengan cara meminta orang duduk di atasnya. “Jangan lupa juga kalau produk ini jangan sampe melukai customer, misal bagian pinggirnya.”

Yudi juga menjelaskan bahwa barang bekas yang biasanya ia pakai berupa besi, kayu ataupun drum. Mengenai harga, biasanya Yudi selalu menyelaraskannya dengan kemampuan klien.

“Kreatif dan inovatif itu adalah mengkreasikan sesuatu dan langsung diwujudkan dalam bentuk karya yang bisa dinikmati seseorang, berfungsi, dan kalau bisa dipuji orang lain,” kata Yudi, menjelaskan apa itu kreatif dan inovatif menurut Yokz Indiustrial. [Din/TimBX]

RELATED ARTICLE