MENU
icon label
image label
blacklogo

Vincent Raditya, Hadirkan Kontribusi ke Dunia Aviasi Melalui Flight Deck Indonesia

NOV 12, 2018@13:37 WIB | 1,489 Views

Vincent Raditya menjadi salah satu sosok pilot yang begitu hangat diperbincangkan dari dunia penerbangan Indonesia. Bukan karena kontroversi atau hal negatif lainnya, melainkan dengan beragam talenta yang dimilikinya.

Tak hanya piawai menerbangkan si burung besi, Vincent juga turut berkontribusi pada dunia aviasi Indonesia dengan menghadirkan simulator pesawat yang disebut Flight Deck Indonesia.

Bukan hanya itu saja, Captain Vincent juga dikenal sebagai salah satu YouTuber yang tengah naik daun. Dengan konten video berisi beragam kegiatannya di dunia aviasi, Vincent sukses menarik hati banyak subscribernya.

Kali ini tim BlackXperience berkesempatan untuk berkunjung ke Flight Deck Indonesia dan tentunya berbincang dengan Vincent. Beragam topik di bahas, mulai dari kontribusinya menghadirkan Flight Deck Indonesia, kiprahnya sebagai YouTuber, dan pandangannya mengenai dunia penerbangan di Indonesia. Semuanya dibahas secara eksklusif di BlackXperience.com.

Flight Deck Indonesia

Sebagai bentuk kontribusi pada dunia penerbangan Indonesia yang membesarkan namanya, Vincent berinisiatif menghadirkan Flight Deck Indonesia.

Flight Deck Indonesia merupakan layanan penyewaan simulasi pesawat terbang yang diperuntukkan bagi calon pilot atau khalayak umum yang ingin merasakan sensasi menerbangkan sebuah pesawat terbang.

“Waktu itu saya belum menjadi pilot. Saya pengen sekali menerbangkan pesawat, tapi belum punya license. Saya percaya banyak orang juga yang ingin menerbangkan pesawat tapi gak kesampaian. Maka dari itu saya dirikan Flight Deck Indonesia untuk semua orang,” cerita Vincent saat ditemui tim BlackXperience.com.

Melalui Flight Deck Indonesia, Vincent ingin semua orang bisa merasakan sensasi menjadi pilot yang menerbangkan pesawat sesungguhnya.

Saat ini Flight Deck Indonesia memiliki Flight Training Device (FTD) atau dikenal sebagai alat bantu pelatihan terbang dalam bentuk Airbus A320 dengan visibility 180 derajat dan beberapa simulasi komputer. “Kedepannya kita juga dalam proses pengadaan Cesna 172 dan satu Boeing 737,” ujar Vincent.

Lebih lanjut menurut Vincent, simulasi penerbangan ini merupakan salah satu bagian yang begitu penting bagi seorang calon pilot. Sebab sebelumnya mereka mengikuti uji kompetensi dari airline, mereka bisa terlebih dahulu mempersiapkan diri  dengan mempelajarinya melalui alat simulasi penerbangan.

“Sebelum mereka (calon pilot) masuk ke airline, biasanya mereka akan di tes juga. Mereka perlu mempersiapkan diri untuk di tes. Airline rata-rata menguji mereka di simulasi pesawat jet, jika mereka lulusan sekolah penerbangan biasanya hanya menerbangkan pesawat Cesna dan tidak mengetahui karakteristik pesawat besar, maka dari itu, ini bisa menjadi jembatan mereka menuju ke airlines,” jelas Vincent.

Pilot dan YouTuber

Tak hanya berfokus pada pekerjaan utama sebagai pilot dan bisnisnya di Flight Deck Indonesia, ternyata Vincent juga cukup aktif berbagi konten video melalui YouTube.

Eits.. tapi Vincent tidak cuma iseng-iseng saja menyambi sebagai YouTuber. Sampai artikel ini diterbitkan tercatat akun YouTube Vincent Raditya telah memiliki total 450 ribu subscriber.

Kontennya membahas beragam topik mengenai dunia penerbangan yang memang telah bertahun-tahun digelutinya.

Vincent mengaku cukup senang bisa turut berkiprah menjadi seorang YouTuber. Sebab melalui platform milik Google tersebut, ia bisa menyalurkan bakat-bakat lain yang dimiliki sekaligus berbagi informasi seputar dunia aviasi kepada penonton.

Soal membagi waktu antara karirnya sebagai pilot dan kesibukannya membuat konten untuk channel YouTube, Vincent mengaku tidak begitu repot. Sebab ia menerapkan konsep task sharing untuk berbagai kegiatan yang ia lakukan.

“Saya menentukan orang-orang di divisi tertentu untuk melakukan tugas-tugas yang saya tidak bisa lakukan ketika saya terbang. Karena tangan saya cuma dua, tidak mungkin untuk melakukan semuanya sendiri,” tutur Vincent.

Cukup menarik menyimak kiprah Vincent baik sebagai pilot maupun sebagai YouTuber. Obrolan lengkap kami dengan Vincent Raditya bisa langsung disaksikan secara lebih lengkap melalui video di atas. Enjoy! [Hlm/timBX]

Tags :

#
vincent raditya,
#
pilot youtuber,
#
youtube vincent raditya

RELATED ARTICLE