MENU
icon label
image label
blacklogo

Sosok Koji Sato dari Ketua Gazoo Racing Menjadi Presiden Toyota

JAN 27, 2023@14:30 WIB | 2,636 Views

Toyota akhirnya menunjuk Koji Sato, kepala Lexus dan Gazoo Racing, untuk menjadi presiden dan CEO Toyota Motor Corporation Jepang berikutnya. Sementara Akio Toyoda, cucu pendiri perusahaan, naik menjadi ketua baru perusahaan. Dan masa jabatan Koji Satu mulai berlaku 1 April 2023.

Sebagai bagian dari perombakan, Ketua saat ini Takeshi Uchiyamada, yang dikenal sebagai ayah dari Prius, akan mundur sebagai ketua tetapi tetap duduk di dewan.

Di bawah kepemimpinan Akio Toyoda, Toyota telah berhasil mencapai rekor penjualan dan pendapatan untuk memantapkan dirinya sebagai pembuat mobil terbesar di dunia. Setelah berhasil melewati beberapa periode tantangan seperti krisis keuangan 2009, gempa Jepang 2011, dan yang terbaru, pandemi COVID-19 dan mengakibatkan kekurangan suku cadang.

Hubungan antara Toyoda, 66 tahun, telah bekerja sama dengan Sato, 53 tahun, dalam peran Sato sebagai kepala merek premium Lexus dan sebagai pemimpin Gazoo Racing, mundurnya Toyoda sebagai presiden TMC ini memang memasuki masa pensiun.

Soal kemampuan sebagai President TMC, Toyoda menganggap Sato punya kompetensi lebih karena dia menyukai mobil dan masa mudanya yang kental dengan roda empat. Selain itu, Sato dianggap lebih muda untuk melengkapi transisi Toyoda ke era baru Toyota dimasa depan.

Di antara tantangan Sato adalah menavigasi industri yang diubah oleh elektrifikasi, pengemudian otonom, dan konektivitas (CASE).

Sato juga harus merencanakan jalan menuju masa depan yang netral karbon sambil menyeimbangkan kebutuhan pelanggan yang luas dari pembuat mobil dan menangkis saingan baru dari China. Namun, dia berjanji untuk terus membuat mobil fun-to-drive yang “stylish dan cool.”

Sato memiliki gelar teknik dari Universitas Waseda yang prestisius di Jepang dan bergabung dengan Toyota pada tahun 1992. Ia ditunjuk sebagai kepala teknisi di Lexus International Co., di mana pekerjaannya yang terkenal termasuk pengembangan terkemuka Lexus LC.[Ahs/timBX]

Tags :

#
koji sato,
#
presiden tmc,
#
akio toyoda

RELATED ARTICLE

X